susu kambing etawa di apotek

10 Merek Susu Kambing Etawa Terbaik di Apotek, Indomaret dan Marketplace

Diposting pada

Meskipun harga susu kambing etawa yang dijual di Apotek cenderung lebih mahal dari susu sapi biasa yang dijual di Indomaret dan Alfamart, tapi karena bermanfaat, banyak konsumen yang tetap saja membelinya.

Susu kambing etawa murni dianggap sebagai salah satu solusi terbaik dan yang paling aman diberikan kepada bayi atau anak balita yang memiliki riwayat alergi terhadap susu sapi.

Karena zat kasein yang merupakan jenis protein pemicu alergi bagi bayi, anak-anak hingga orang dewasa yang terdapat pada susu sapi di kebanyakan produk susu formula untuk bayi, jumlah kandungan atau kadarnya jauh lebih rendah pada susu kambing etawa sehingga lebih aman dan tidak memicu alergi.

Namun meskipun begitu, bukan berarti susu yang diperah dan dihasilkan dari hewan ternak yang sering disebut embe oleh anak kecil ini bisa diminum sebanyak-banyaknya dalam sehari, karena segala sesuatu yang dikonsumsi terus menerus secara berlebihan pasti tidak baik dan dapat memberikan efek samping yang buruk untuk kesehatan.

Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Kesehatan

manfaat susu kambing etawa
Gambar ini dibuat menggunakan AI.

Mengutip WebMD dalam sebuah artikel yang berjudul “Goat Milk: Are There Health Benefits?” berikut beberapa manfaatnya untuk kesehatan:

  • Lebih Mudah Dicerna: Susu kambing lebih mudah dicerna dibandingkan susu sapi. Protein dalam susu kambing lebih mudah dipecah oleh tubuh, sehingga lebih mudah diserap. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk orang-orang yang mengalami masalah pencernaan dengan susu sapi.
  • Minim Risiko Alergi: Beberapa orang yang alergi terhadap susu sapi mungkin tidak mengalami reaksi alergi terhadap susu kambing. Sebuah studi menemukan bahwa sekitar satu dari empat bayi yang alergi terhadap susu sapi tidak alergi terhadap susu kambing. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi susu kambing jika Anda memiliki alergi terhadap produk susu.
  • Menyehatkan Jantung: Susu kambing dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa susu kambing dapat membantu menurunkan kolesterol dalam arteri dan kantong empedu, yang bermanfaat bagi orang dengan kadar kolesterol tinggi.
  • Tinggi Kandungan Nutrisi: Susu kambing kaya akan protein, kalsium, kalium, fosfor, dan magnesium. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam susu kambing juga dapat mengurangi risiko katarak, beberapa jenis kanker, dan membantu anak-anak melawan campak.
  • Tinggi Protein: Dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai, atau susu kacang, susu kambing mengandung lebih banyak protein per porsi.
  • Mengandung Vitamin A: Konsumsi vitamin A yang cukup dapat membantu mengurangi risiko katarak dan beberapa jenis kanker.

Di dunia kosmetik susu kambing juga dibuat menjadi sabun susu pemutih yang bermanfaat untuk melembapkan kulit dan mencerahkan kulit.

Manfaat Susu Kambing Untuk Pria Apakah Ada?

Jika ada anggapan bahwa salah satu manfaat susu kambing etawa untuk pria bisa membangkitkan vitalitas pria dewasa, maka hal tersebut tidak benar karena belum adanya penelitian mengenai hal tersebut.

Dan menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari klikdokter.com, hingga saat ini susu kambing etawa belum terbukti secara medis berpengaruh pada vitalitas pria dewasa. Namun, ada beberapa manfaat sehat seperti misalnya sebagai sumber kalsium alami yang bagus.

Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Asam Lambung

Susu kambing apakah aman untuk penderita penyakit maag? ternyata jawabannya adalah aman. Seperti yang kami kutip dari situs Dinas Pertanian Kabupaten Demak (https://dinpertanpangan.demakkab.go.id), bahwa susu kambing etawa memiliki kandungan alkali yang aman bagi penderita asam lambung dan sekaligus mencegah maag.

Dan akan lebih baik lagi apabila Anda memilih produk susu kambing yang tanpa gula, tentu akan semakin membuat nyaman untuk lambung Anda ketika dikonsumsi.

Susu Kambing Bagus Untuk Ibu Hamil

Mengutip alodokter.com, susu kambing ternyata baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung laktosa yang rendah sehingga dapat lebih mudah dicerna, selain itu susu ini juga mengandung protein dan kalsium yang tinggi dimana dibutuhkan oleh ibu hamil dalam menunjang perkembangan janin selama kehamilan.

10 Merek Susu Kambing Etawa Terbaik di Apotek, Indomaret dan Martketplace

Dan berikut ini beberapa rekomendasi merek susu kambing etawa terbaik dari kambing etawa yang kaya manfaat untuk kesehatan, yang sudah terdaftar secara resmi di BPOM sehingga lebih terjamin aman untuk dikonsumsi.

1. Etawaku Platinum

etawaku platinum

Susu kambing Etawaku Platinum ini merupakan salah satu yang terlaris yang bahkan dari satu seller saja sudah terjual hingga belasan ribu pcs di Marketplace Shopee.

Apakah susu Etawaku Platinum ini sudah terdaftar di BPOM? ya, dan hal tersebut bisa dengan mudah anda cek langsung di situs resmi BPOM di nomer registrasi “MD 803112039055”.

Harga susu kambing Etawaku Platinum ini di Apotek dibanderol dengan harga mulai dari Rp80 ribuan untuk kemasan 200gr ini diproduksi oleh CV Global Mandiri Perkasa/ CV Tamto Mandiri – Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

2. Etawalin – Susu Kambing Kombinasi Bahan Herbal

etawalin

Simak video berikut ini:

sumber video: shopee.co.id.

Komposisi susu Etawalin dikombinasikan dengan berbagai bahan herbal seperti jahe, temulawak, kayu manis, daun salam dan sereh. Dan dikarenakan dikombinasikan dengan bahan-bahan alami yang berkhasiat inilah sehingga diklaim memiliki manfaat untuk kesehatan yang lebih banyak.

Manfaat susu Etawalin yang paling populer adalah untuk mengatasi penyakit tulang dan sendi seperti saraf kejepit, mencegah rematik, nyeri sendi, mencegah asam urat dan lain-lain.

Oleh karena itulah yang membuat susu kambing Etawalin ini menjadi paling populer dikonsumsi kalangan dewasa dan lansia. Tapi bukan berarti juga tidak boleh dikonsumsi anak-anak dan remaja, karena susu Etawalin boleh dikonsumsi untuk usia 2 tahun ke atas.

Harga susu Etawalin di Apotek dan Marketplace dibanderol mulai dari Rp90.000 per bungkus kemasan 200gr. Dan untuk mendapatkan harga yang lebih murah Anda bisa membeli harga per paket 3 bungkus @200gr dengan harga Rp261.000.

Lokasi pabrik usu Etawalin terletak di kabupaten Cilacap – Jawa Tengah dan merek Etawalin ini sudah terdaftar resmi di BPOM di nomor registrasi “TR232052411”.

Adakah susu Etawalin di Indomaret dan Alfamart?

Untuk saat ini susu Etawalin belum tersedia di Indomaret dan Alfamart, dan untuk membelinya Anda bisa membeli di Apotek atau Marketplace seperti Shopee dan Lazada.

3. Etta Goat Milk – Susu Kambing HNI

etta goat milk

Simak video berikut ini:

sumber video: shopee.co.id.

Susu kambing etawa HNI atau HPAI ini tentu saja sudah memiliki izin edar BPOM karena merek HNI merupakan salah satu merek yang sudah bisa dikatakan sudah cukup besar dan sudah memiliki sayap jaringan pemasaran yang luas.

Varian terbaru dari susu kambing etawa HNI saat ini adalah menggunakan gula aren bubuk dan ada juga varian susu kambing HNI rasa cokelat, yang memberikan cita rasa dan juga manfaat yang lebih baik lagi.

Dan untuk anak-anak yang selama ingin memilih varian rasa lain selain rasa original bisa diberikan rasa gula aren atau rasa cokelat ini.

Harga susu kambing HNI Etta Goat Milk ini di Apotek ataupun di agen resmi HNI dibanderol mulai dari harga Rp80 ribuan untuk 1 box kemasan 10 sachet yang siap diseduh dan disajikan untuk anak-anak.

4. SR12 GoMilku

sr12 gomilku

Susu kambing yang mengandung ekstrak daun kelor, ekstrak ikan gabus dan madu.

Jangan kaget ya! ternyata sekarang sudah ada juga susu kambing SR12!

Karena kebanyakan konsumen di Indonesia selama ini tahunya bahwa SR12 adalah sebuah brand atau merek produk skincare, tapi sekarang sudah ikutan memproduksi produk susu kambing etawa asli.

Kelebihan susu kambing SR12 diantaranya adalah tidak mengandung gula dan juga krimer, serta dikombinasikan dengan bahan herbal berkhasiat seperti ekstrak daun kelor, ekstrak ikan gabus dan juga madu.

Harga susu kambing SR12 GOMilku di Apotek dibanderol mulai dari Rp53.500 per dus kemasan isi 200gr.

Susu SR12 GoMilku tersedia dalam 3 varian rasa yakni Original, Cokelat dan Stroberi dan dapat diminum dewasa dan anak usia 2 tahun ke atas.

Harga susu Gomilku SR12 di Indomaret dan Alfamart berapa?

Jawabannya adalah, untuk saat ini belum tersedia di Indomaret dan juga Alfamart, sehingga untuk membelinya bisa melalui Marketplace Shopee atau Lazada.

5. SkyGoat

skygoat

Rekomendasi merek susu kambing etawa yang dijual di Apotek selanjutnya adalah merek SkyGoat yang diproduk oleh PT Solusky yang juga bertempat di Yogyakarta.

Susu etawa Skygoat ini sudah terdaftar secara resmi di BPOM di nomer registrasi “MD 805012002005”, untuk itu Anda tidak perlu merasa khawatir lagi terkait apakah produk ini apakah aman atau tidak.

Harga susu kambing Skygoat di Apotek dibanderol mulai dari Rp20 ribuan untuk kemasan 1 box yang berisi 10 sachet atau 200gr.

Selain mendapatkan cukup banyak manfaat susu Skygoat ini untuk kesehatan, susu ini cukup mudah didapatkan dan tidak hanya dapat di beli secara online, karena banyak tersedia dan apotek atau toko-toko herbal terdekat.

6. Gomars

gomars

Seperti kebanyakan merek susu etawa yang lain, untuk packing Gomars juga tersedia dalam kemasan dus box berat 200g yang terdiri dari 10 sachet susu bubuk instan siap seduh. Dan ada juga kemasan box single pack.

Manfaat susu Gomars ini sama seperti merek susu kambing etawa lainnya karena memang terbuat dari sumber susu asli yang kaya akan nutrisi.

Harga susu kambing Gomars di Apotek dibanderol mulai dari Rp20 ribuan untuk kemasan 1 dus isi 200g.

Diproduksi oleh CV Sari Madu Utama yang terletak di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah dan tercatat di situs resmi cek BPOM dengan nomer registrasi “MD 803111015185”.

Susu etawa Gomars dan Skygoat sebenarnya merupakan 2 merek yang pada awalnya paling populer sebelum semakin banyak bermunculan merek susu kambing seperti sekarang ini.

7. Provit

provit

Susu kambing etawa kombinasi Royal Jelly.

Semua kebaikan yang terkandung dalam susu bubuk merek Provit akan lebih bertambah khasiatnya lagi karena dukungan penambahan royal jelly yang merupakan produk lebah selain madu, bee pollen dan propolis.

Manfaat susu Provit ini agak berbeda dengan merek susu kambing lain karena pada susu Provit ini sudah dikombinasikan juga dengan royal jelly.

Harga susu kambing Provit di Apotek dibanderol mulai Rp200 ribuan untuk kemasan yang berisi 50 sachet.

Dan anda yang ingin mendapatkan harga yang lebih murah, anda juga bisa mencari seller yang menjual secara paket harga grosir minimal 50 sachet dengan harga dibawah 200 ribuan saja.

Terdaftar secara jelas di BPOM dengan nomer registrasi “MD 605011002190” dan diproduksi oleh PT Laba Asia Foods – Banyumas Jawa Tengah.

8. NutriGoat

nutrigoat

Kebanyakan pabrik yang mengolah susu kambing memang terletak di Jawa Tengah, tak berbeda dengan merek NutriGoat ini yang juga terletak di Magelang Jawa Tengah.

Susu kambing etawa merek NutriGoat ini diproduksi oleh CV Herbal Indo Utama (HIU) Group dan terdaftar di BPOM dengan nomer registrasi “MD 800911007140”.

Harga susu kambing bubuk NutriGoat ini di Apotek dibanderol mulai dari Rp 35.000 (kisaran harga termurah di pasaran online).

9. AMH Kambing Etawa Full Cream

amh kambing etawa full cream

Rekomendasi selanjutnya adalah susu kambing etawa AMH yang menjadi salah satu susu kambing harga paling ekonomis.

Merek AMH sendiri sebenarnya sudah cukup populer dengan produk jahe merah instan kemasannya, yang bahkan sudah sejak dulu laris manis di pasaran minuman herbal instan.

Harga susu kambing AMH Full Cream rasa jahe merah ini dibanderol mulai dari Rp 1.200 – Rp 1.500 per sachet, atau untuk mendapatkan harga yang lebih murah Anda bisa membelinya 1 dus langsung yang berisi 10 sachet.

Yang membuat susu kambing AMH ini unik dan berbeda dengan yang kebanyakan produk susu kambing adalah sudah dilengkapi juga dengan ekstrak jahe merah (ada juga varian original) sehingga akan lebih menghangatkan badan ketika diminum.

10. Nikmaka Etawa Good Milk

nikmaka etawa good milk

Ini dia susu kambing etawa bubuk yang untuk pemanisnya menggunakan gula jagung. Dan tentu saja produk ini menjadi berbeda dengan kebanyakan produk susu kambing yang menggunakan gula pasir atau gula tebu sebagai pemanisnya.

Dan dengan menggunakan gula jagung, maka secara otomatis akan membuat kalori susu kambing menjadi lebih kecil, sehingga akan lebih aman untuk orang yang memang sedang menghindari asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Harga susu kambing Nikmaka Etawa Good Milk yang tersedia dalam beberapa varian rasa seperti coklat, strawberry dan original ini dibanderol mulai dari Rp20 ribuan untuk kemasan paling kecil ukuran 200g.

Nikmaka Etawa Good Milk ini terdaftar di BPOM di nomor registrasi “MD 071211000500093”.

Penutup:

Susu kambing etawa saat ini belum dijual di Indomaret dan Alfamart, tapi Anda bisa membelinya di Apotek, atau di Marketplace seperti Shopee dan Lazada dengan pilihan merek yang lebih banyak.

Referensi:

Simak juga:

Susu Almond di Indomaret.

Merek Susu Evaporasi di Indomaret.

Susu Penggemuk Badan Untuk Dewasa di Indomaret.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *