sitrun di indomaret

3 Merek Sitrun (Citric Acid) Terbaik di Indomaret, Alfamart dan Marketplace

Diposting pada

Nama lain dari sitrun, citrun atau asam sitrun atau asam sitrat adalah Citric Acid, yang sudah sejak dulu banyak digunakan untuk kebutuhan pembuatan makanan dan minuman, serta sebagai pembersih baju hingga pembersih kamar mandi yang ramah lingkungan.

Penggunaan asam sitrat untuk makanan berfungsi sebagai penguat rasa dan juga sebagai pengawet, dan hal tersebut dikarenakan pada sitrun atau Citric Acid ini memang memiliki zat anti bakteri yang dapat membunuh atau memperlambat terjadinya perkembang biakan bakteri yang menyebabkan basi atau rusak.

Sedangkan penggunaan citrun untuk baju dapat membuat baju menjadi lebih kinclong dan bebas dari noda. Begitu pula jika citrun digunakan untuk membersihkan kamar mandi, keramik dan porselen akan bersih dan bebas dari kerak air dan lumut.

Kegunaan Sitrun (Citric Acid)

kegunaan sitrun
Gambar: PIxabay.

Sitrun atau asam sitrat digunakan dalam berbagai jenis kategori industri seperti berikut ini:

Dalam Industri Makanan dan Minuman

  • Sebagai pengawet alami dalam minuman ringan, selai, jeli, dan produk kalengan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.
  • Sebagai penambah rasa asam yang menyegarkan pada permen, minuman, dan makanan lainnya.
  • Sebagai zat pegatur pH dalam makanan dan minuman untuk meningkatkan stabilitas dan rasa produk.

Dalam Industri Farmasi

  • Sebagai penambah rasa pada obat-obatan cair jenis sirup.
  • Sebagai Buffering Agent yang membantu menjaga stabilitas pH dalam berbagai produk farmasi.
  • Sebagai Chelating Agent yang mengikat logam dalam solusi, yang bisa meningkatkan efektivitas zat aktif dalam obat.

Dalam Industri Kecantikan

  • Citrun atau asam sitrat digunakan dalam formulasi produk perawatan kulit sebagai eksfoliator ringan dan untuk menyeimbangkan pH.
  • Citrun juga terkadang digunakan dalam beberapa produk pembersih gigi dan mulut karena sifat antiseptiknya.

Dalam Industri Pembersih Rumah Tangga

  • Citrun efektif dalam menghilangkan noda, kerak, dan deposit mineral dari permukaan seperti kaca, logam, dan porselen.
  • Citrun digunakan untuk membersihkan mesin pencuci piring dan mesin cuci untuk menghilangkan endapan mineral.

Dalam Industri Kimia

  • Asam sitrat dapat berfungsi untuk mempertahankan pH yang stabil dalam berbagai reaksi kimia.
  • Asam sitrat dapat mengikat dan menghilangkan ion logam dari larutan, yang dapat berguna dalam berbagai aplikasi industri.

Bahaya Sitrun Untuk Makanan dan Minuman

Dilansir dari Prevention yang membahas seputar kesehatan dan nutrisi makanan dalam sebuah judul artikel “What to Know About Citric Acid” berikut ini beberapa potensi bahaya sitrun atau asam sitrat jika ditambahkan pada makanan dan minuman:

Sitrun atau sam sitrat adalah asam organik yang ditemukan dalam buah-buahan sitrus dan sering digunakan sebagai pengawet dalam makanan dan minuman kemasan. Meskipun asam sitrat alami memiliki manfaat sebagai antioksidan yang membantu melawan penyakit, namun sebagian besar asam sitrat yang saat ini beredar di pasaran adalah yang dibuat di laboratorium dari jamur hitam (black mold) atau sejenis bahan sintetis lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa asam sitrat buatan atau sintetis tidak berdampak negatif pada kesehatan manusia. Namun, konsumsi asam sitrat berlebih dapat menyebabkan erosi gigi karena sifat asamnya. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan asam bersama air dan mengombinasikannya dengan makanan yang kurang asam, seperti kacang-kacangan atau nasi merah, untuk mengurangi risiko ini.

Penggunaan asam sitrat pada makanan juga harus ekstra hati-hati dan harus selalu menggunakan takaran yang sudah dianjurkan.

Apakah Sitrun Ada di Indomaret dan Alfamart?

Sitrun atau asam sitrat dijual di Indomaret dan Alfamart meskipun dalam pilihan merek yang sangat terbatas. Dan untuk mendapatkan pilihan merek yang lebih banyak Anda bisa membelinya secara online di Marketplace seperti Shopee dan Lazada.

Harga sitrun di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp3.000 untuk kemasan yang paling kecil ukuran 50gr.

Terkait merek citrun yang hingga saat ini paling populer di Indonesia adalah citrun Cap Gajah, yang bahkan sudah cukup mendominasi dan banyak tersedia tidak hanya di Indomaret dan Alfamart melainkan di warung-warung kecil juga ada.

3 Merek Sitrun Terbaik di Indomaret, Alfamart dan Marketplace

Berikut ini adalah beberapa merek citrun terbaik yang bisa untuk makanan dan minuman dan ada juga yang hanya bisa digunakan untuk pembersih saja:

1. Citric Acid Cap Gajah – Sitrun Untuk Makanan dan Minuman

citric acid cap gajah

Jenis sitrun Food Grade yang aman untuk makanan dan minuman.

Citric Acid Cap Gajah ini merupakan salah satu merek citrun yang paling merakyat dan sudah sangat mendominasi keberadaannya hingga ke warung-warung di daerah pedesaan.

Kegunaan Citric Acid Cap Gajah kebanyakan digunakan untuk membersihkan perabotan rumah tangga dan sebagai tambahan pembuatan minuman.

Citrun cap Gajah aman digunakan dalam batas wajar dan sudah terdaftar di BPOM di nomor registrasi MD 278631002537.

Harga sitrun cap Gajah di Indomaret, Alfamart dan Marketplace dibanderol mulai dari Rp3.000 untuk kemasan kecil ukuran 50gr.

2. Seza Citrun – Sitrun Untuk Pembersih

seza citrun
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Yang satu ini bukanlah sitrun Food Grade sehingga penggunaannya tidak diperuntukan untuk makanan dan hanya bisa digunakan sebagai bahan pembersih seperti sabun biasa.

Seza Citrun ini efektif untuk membersihkan kerak yang membandel pada lapisan keramik, besi dan juga lapisan plastik.

Citrun ini juga efektif untuk menghilangkan noda membandel padai pakaian, seperti misalnya untuk memutihkan pakaian putih yang terkena noda pewarna pakaian dari pakaian berwarna lain.

Harga Seza Citrun dibanderol cukup murah mulai dari Rp10.000 per kemasan 500gr, namun untuk saat ini belum tersedia di Indomaret dan Alfamart.

3. Citrun Cap Kelinciku

citrun cap kelinciku
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Citrun Cap Kelinciku ini masih sama seperti merek di Seza di atas yang merupakan jenis citrun atau sitrun yang hanya bisa digunakan sebagai bahan pembersih saja dan tidak boleh digunakan untuk makanan dan minuman.

Cara menggunakan citrun cap Kelinciku untuk membersihkan keramik, besi dan plastik adalah dengan mencampurkan 2-3 sendok citrun ke dalam 1 liter air dan cairan ini bisa digunakan seperti halnya sabun cair.

Atau, untuk membersihkan keramik dan porselen bisa juga dilakukan dengan cara ditaburkan langsung dan dibiarkan antara 2-3 jam lalu digosok dan disiram air sampai bersih.

Harga citrun cap Kelinciku di dibanderol mulai dari Rp22.000 untuk kemasan besar ukuran 1kg, dan untuk saat belum tersedia di Indomaret dan Alfamart.

Simak juga:

Garam Epson di Alfamart.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *