santan instan di indomaret

7 Merek Santan Instan Terbaik di Indomaret, Alfamart dan Marketplace

Diposting pada

Santan kelapa merupakan salah satu jenis bahan makanan atau bumbu masakan tambahan yang cukup dibutuhkan oleh hampir semua konsumen di Indonesia. Berbagai merek santan instan pun saat ini jumlahnya juga sudah cukup banyak di pasaran dan dapat dengan mudah dibeli dengan harga yang murah dan terjangkau.

Pada kondisi atau untuk kebutuhan masakan tertentu, santan instan lebih banyak dipilih oleh masyarakat untuk digunakan karena dianggap jauh lebih praktis dan mudah digunakan jika dibandingkan dengan santan kelapa murni segar yang diperas dari kelapa parut secara dadakan.

Selain praktis, cita rasa hasil akhir dari setiap masakan yang menggunakannya juga tidak terlalu jauh berbeda. Akan tetapi dikarenakan santan kemasan tersebut bukanlah santan segar yang baru saja diperas, pastikan selalu menggunakan yang memang benar-benar berkualitas bagus.

Apakah santan instan aman digunakan untuk memasak?

bahaya santan instan
Gambar ini dibuat menggunakan AI.

Saat ini ada 2 jenis produk santan instan yakni santan instan cair dan santan instan bubuk, dan ketika pertama kali produk instan ini muncul di pasaran, tidak sedikit orang yang mempertanyakan apakah ada bahaya menggunakan santan instan untuk memasak.

Untuk santan cair non instan yang murni terbuat dari buah kelapa segar tanpa tambahan apapun tentu tidak berbahaya dan justru sehat apabila dikonsumsi, dan bahkan santan mentah juga dapat diminum langsung dan malah dapat memberikan efek yang baik untuk kesehatan karena kandungan lemak baik yang dimilikinya.

Dan terkait bahaya santan instan, produk santan kemasan ini tetap aman dikonsumsi selama menggunakan bahan yang benar-benar berkualitas baik dan juga dibuat atau diolah dengan cara yang baik pula, serta belum expired atau kadaluwarsa. Seperti misalnya diproduksi oleh perusahaan besar menggunakan mesin berteknologi tinggi, kemudian dikemas dengan kemasan secara higienis.

Akan tetapi tidak seperti santan murni segar yang bisa diminum langsung, santan instan tidak boleh diminum langsung dan harus melalui proses perebusan atau dimasak terlebih dahulu.

Terlebih lagi tidak menutup kemungkinan juga mengandung sejenis zat pengawet, meskipun beberapa merek besar mengklaim tidak mengandung zat pengawet sama sekali karena sudah diproses menggunakan sistem UHT atau Ultra High Temperature pada suhu tinggi selama beberapa detik.

7 Merek Santan Instan Terbaik di Indomaret, Alfamart dan Matketplace

Dan berikut beberapa daftar merek santan terbaik yang berbentuk cair dan juga bubuk yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan memasak Anda.

1. Santan Sun Kara

santan sun kara

Santan cair kemasan paling populer.

Merek santan terbaik yang pertama adalah Sun Kara yang sudah cukup terkenal sejak dulu, dan mungkin bisa juga dikatakan sebagai pelopornya santan instan kemasan di Indonesia.

Dan bahkan bagi sebagian orang menjadikan santan ini sebagai pengganti santan murni karena santan kara ini memiliki dianggap memiliki rasa yang tidak terlalu jauh berbeda dengan santan murni ketika digunakan untuk masakan.

Harga santan Sun Kara di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp3.700 untuk kemasan terkecil ukuran 65ml.

2. Santan Kara

santan kara

Merek yang kedua adalah Santan Kara siap pakai yang sebenarnya masih sama-sama diproduksi oleh perusahaan yang sama seperti pada santan Sun Kara diatas.

Perbedaan santan Kara dengan Sun Kara apa?

Pada kedua produk tersebut masih sama-sama diproduksi menggunakan bahan-bahan kelapa murni yang sama sehingga untuk kualitas dari keduanya masih sama. Terkait kadar kemurniannya juga sama, sekitar 90% santan kelapa murni dan 10% air.

Dan ternyata, salah satu perbedaannya hanya terletak pada pendistribusiannya. Misalnya di kategori pasar tradisional atau di daerah-daerah tertentu lebih banyak mendapatkan distribusi Sun Kara daripada Kara.

Sun Kara juga lebih banyak tersedia dalam kemasan ekonomis 65ml, sedangkan pada Santan Kara ini tersedia dalam beberapa pilihan ukuran kemasan seperti 200ml, 1000ml atau 1 liter.

Harga santan Kara di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp8.500 untuk kemasan 200ml.

3. Santan Instan Rose Brand

santan rose brand

Santan Rose Brand pula jadi salah satu merek santan yang banyak direkomendasikan, sebab wangi khasnya yang dapat membuat makanan atau olahan kue basah menjadi lebih nikmat jika dibandingkan dengan apabila tanpa menggunakannya.

Dan salah satu yang banyak disebut menjadi kelebihan dari santan merek Rose Brand ini adalah aroma santan atau wangi khas yang dimilikinya ini banyak dicari terutama untuk kebutuhan dalam pembuatan berbagai macam kue basah dari tepung ketan putih Rose Brand.

Harga santan Rose Brand di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp4.000 untuk kemasan 200ml.

4. Santan Bubuk Sasa

santan bubuk sasa

Santan bubuk yang gurih dan mantap rasanya.

Jika dibandingkan dengan santai cair, santan instan yang berbentuk bubuk atau serbuk merek Sasa ini kedatangannya memang belum terlalu lama. Akan tetapi santan bubuk instan seperti ini cukup banyak peminatnya bahkan bagi sebagian orang dianggap lebih praktis dari yang berbentuk cair.

Hal tersebut dikarenakan santan bubuk ini bisa juga digunakan atau ditaburkan langsung ketika proses memasak sedang berjalan karena memiliki sifat yang mudah larut dan menyatu dengan kuah masakan.

Harga santan bubuk sasa di Indomaret dan Alfamart juga cukup murah dan cukup mudah ditemukan di warung-warung di daerah kampung-kampung sekalipun. Untuk satu 1 sachet ukuran 75 gram dibanderol mulai dari Rp6.000.

5. Sun Kara Coconut Cream Powder

santan kelapa bubuk kara

Tepung santan kelapa praktis.

Sama seperti santan bubuk merek Sasa yang berbentuk tepung, Sun Kara Coconut Cream Powder ini banyak diklaim lebih praktis jika dibandingkan dengan apabila menggunakan santan cair.

Sun KARA Tepung Santan Kelapa ini terbuat dari komposisi ekstrak kelapa segar menggunakan teknologi spray dry sehingga membentuk bubuk atau tepung yang higienis. Untuk mendapatkan krim kelapa yang siap pakai, cukup campurkan bubuk dengan air panas.

Harga santan kara bubuk di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp2.000 untuk ukuran terkecil kemasan 20gr.

Simak juga:

Pengganti Santan Fiber Creme Yang Sedang Viral.

6. Tropicana Slim Santan

santan tropicana slim

Santan instan yang rendah lemak dan tinggi serat.

Tidak hanya memproduksi produk gula jagung yang rendah kalori dan minyak goreng sehat seperti canola oil dan sunflower oil, Tropicana Slim juga memproduksi santan rendah lemak yang juga tinggi serat.

Jadi untuk Anda yang memang sedang dalam program membatasi mengkonsumsi lemak, Anda bisa menggunakan produk santan rendah lemak dari Tropicana Slim ini.

Harga santan Tropicana Slim di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp23.000 untuk kemasan box yang berisi 5 sachet @20gr.

7. Klatu Santan Kelapa Tua

klatu santan kelapa tua

Santan merek Klatu mungkin sepopuler seperti keenam merek diatas, akan tetapi santan klatu memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dan sudah terdaftar di BPOM sehingga sudah terbukti aman untuk dikonsumsi.

Santan Klatu diproduksi oleh perusahaan yang bernama PT Pacific Eastern Coconut Utama yang memiliki pabrik di daerah kabupaten Pangandaran Jawa Barat.

Santan Klatu juga sudah pernah diikutsertakan dalam program sampel produk gratis oleh Home Tester Club. Dan ratusan tester tersebut kebanyakan memberikan review dan rate 4,3 stars yang berarti mereka puas dan menganggap santan Klatu memiliki kualitas yang bagus.

Harga santan Klatu dibanderol mulai dari Rp9.500 untuk ukuran 200ml.

Simak juga:

Merek Margarin di Indomaret.

Tepung Hunkwe di Indomaret.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *