minuman penurun kolesterol terbaik

4 Merek Minuman Penurun Kolesterol Terbaik di Indomaret dan Alfamart

Diposting pada

Perlukah mengonsumsi minuman penurun kolesterol instan yang banyak dijual di pasaran? jawabannya adalah relatif dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Meskipun sebenarnya kolesterol cukup dibutuhkan oleh tubuh kita, akan tetapi jika kadar kolesterol di dalam tubuh sudah terlalu tinggi justru bisa berpotensi menyebabkan penyakit. Terlebih lagi jika terlalu banyaknya proses oksidasi yang terjadi karena terlalu banyak radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Sebab penelitian terbaru menunjukkan bahwa penyebab terjadinya penyakit degeneratif berbahaya yang berkaitan erat dengan kolesterol seperti stroke dan jantung koroner atau serangan jantung adalah dikarenakan kolesterol yang teroksidasi oleh radikal bebas.

Dan penyakit stroke masih termasuk dalam lima daftar penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia disamping, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker dan gagal ginjal kronis.

Kolesterol adalah sejens lemak di dalam darah yang merupakan sekelompok molekul yang tidak larut dalam air yang disebut lipid. Kolesterol sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel sehat di dalam tubuh, termasuk membangun sel-sel untuk kekebalan tubuh, pemrosesan nutrisi dan penghasil energi.

Yang berbahaya adalah kolesterol di dalam darah yang teroksidasi karena radikal bebas sehingga membentuk plak dan kerusakan, serta terjadinya inflamasi di dalam dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan terjadinya stroke jika terjadi penyumbatan pembuluh darah di otak, dan serangan jantung jika terjadi penyumbatan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung.

Apa itu kolesterol teroksidasi?

kolesterol teroksidasi
Gambar pembuluh darah ini dibuat menggunakan AI dan hanya sebagai ilustrasi saja.

Mengutip VeryWell dalam artikel “What Is Oxidized Cholesterol?” kolesterol teroksidasi adalah kolesterol yang diproduksi di dalam tubuh saat lipoprotein densitas rendah (LDL), yang terkadang disebut kolesterol “jahat”, mengalami reaksi kimia. Kolesterol teroksidasi terbentuk di dinding arteri, pembuluh darah yang membawa darah menjauh dari jantung.

Jika terlalu banyak kolesterol yang teroksidasi di dalam darah dapat menyebabkan aterosklerosis, atau pengerasan arteri. Penurunan aliran darah di pembuluh darah arteri akan mengakibatkan meningkatnya risiko serangan jantung dan stroke.

Penyebab kolesterol teroksidasi

Beberapa penyebab yang menyebabkan terjadinya kolesterol teroksidasi diantaranya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak seperti gorengan, dan termasuk jenis kue-kue kering yang mengandung lemak trans seperti mentega.

Gaya hidup merokok juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kolesterol teroksidasi, dan ini tidak hanya terjadi pada si perokok, akan tetapi terjadi pula pada orang yang berada di sekat perokok (perokok pasif).

Oksidasi atau terjadinya kolesterol teroksidasi sebenarnya merupakan proses normal yang terjadi pada setiap tubuh mahluk hidup dan secara otomatis tubuh juga mampu untuk mengatasinya sendiri tanpa obat apapun.

Akan tetapi jika proses oksidasi terlalu tinggi dan berlangsung secara terus menerus, maka hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya inflamasi atau peradangan dan juga kerusakan di pembuluh darah yang menyebabkan terjadinya penyakit stroke dan serangan jantung.

Cara mengurangi terjadinya kolesterol teroksidasi

makanan pencegah kolesterol teroksidasi
Gambar ini dibuat menggunakan AI.

Untuk mencegah atau mengurangi terjadinya kolesterol teroksidasi terlalu tinggi, ada cara alami yang bisa Anda lakukan yakni dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi antioksidan, karena lawan dari oksidasi atau oxidant atau antioksidan.

Dan beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi diantaranya adalah buah-buahan dan juga sayur-sayuran hijau.

Selain buah dan sayur, ada juga beberapa jenis minyak yang mengandung lemak sehat dan juga tinggi antioksidan seperti minyak VCO yang mengandung asam lemak rantai sedang (MCT) yang dapat membantu meningkatkan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Minyak zaitun EVOO juga mengandung lemak sehat dan juga tinggi antioksidan sehingga menjadi salah satu minyak sehat yang bagus untuk menurunkan kolesterol juga mengurangi terjadi oksidasi berlebih di dalam darah.

Namun jika memang kadar kolesterol sudah terlanjur tinggi, sebagai alternatif daripada mengonsumsi obat penurun kolesterol di Apotek seperti simvastatin, tidak ada salahnya jika Anda juga mengonsumsi minuman penurun kolesterol instan seperti yang akan Tim LuvIndomaret ulas berikut ini.

4 Merek Minuman Penurun Kolesterol Terbaik di Indomaret dan Alfamart

Berikut adalah beberapa rekomendasi minuman penurun kolesterol instan dalam kemasan botol siap minum yang rasanya enak:

1. Nutrive Benecol

nutrive benecol

Minuman penurun kolesterol yang paling mudah dibeli di Indomaret dan Alfamart.

Nutrive Benecol ini merupakan salah satu merek yang paling mudah ditemukan di Indomaret dan Alfamart, yang juga sudah sejak dulu populer sebagai minuman penurun kolesterol.

Nutrive Benecol tersedia dalam beberapa pilihan rasa yang enak seperti rasa Strawberry, rasa Orange, rasa Blackcurrant, dan rasa Lychee.

Kandungan utama yang ada pada Nutrive Benecol ini adalah plant stanol ester yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Harga penurun kolesterol Nutrive Benecol di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp8.900 untuk kemasan botol kecil ukuran 100ml.

2. V-Soy Multi-Grain

penurun kolesterol v soy

Minuman penurun kolesterol dari susu kedelai.

Sebelumnya Tim LuvIndomaret juga telah mengulas terkait susu nabati dari kedelai di Indomaret dan Alfamart yang salah satunya adalah V-Soy Multigrain ini.

Dan V-Soy Multigrain baik jika dijadikan sebagai minuman penurun kolesterol karena memang terbuat dari bahan dasar susu kedelai yang memang mengandung Isoflavon, dan Isoflavon dalam susu kedelai dapat menurunkan resiko penyakit jantung dengan membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Terlebih lagi jenis kedelai yang digunakan adalah kedelai non GMO, dan juga dikombinasikan dengan biji-bijian lain yang kaya serat seperti gandum utuh, barley, beras merah dan wijen hitam, yang akan semakin memperbesar manfaatnya untuk kesehatan.

Harga minuman penurun kolesterol V-Soy ini dibanderol mulai dari Rp8.500 untuk kemasan 200ml.

3. Pokka Green Tea No Sugar

minuman penurun kolesterol pokka green tea

Teh hijau sudah sejak lama dipercaya dapat membantu tubuh menurunkan kolesterol, namun jangan salah pilih ya! pilihlah produk teh hijau yang tidak mengandung tambahan gula.

Atau untuk mendapatkan khasiat yang lebih banyak, Anda bisa juga menyeduh teh hijau sendiri yang kemudian diminum ketika masih dalam kondisi hangat.

Harga Pokka Green Tea No Sugar di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp9.800 untuk kemasan 450ml.

Untuk mendapatkan produk terbaiknya silahkah simak artikel terkait teh hijau terbaik yang sudah Tim LuvIndomaret tulis sejak beberapa waktu yang lalu.

4. Nestle Acticor

Nestle Acticor

Minuman penurun kolesterol yang rasanya enak dan lengkap pilihannya.

Mirip seperti Nutrive Benecol, minuman penurun kolesterol Nestle Acticor ini malah memiliki beberapa pilihan yang lebih enak seperti rasa Avocado, rasa Coklat, rasa Banana, dan rasa Green Tea Latte.

Minuman ini mengandung Betaglucan dan Inulin yang diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol dengan cepat apabila diminum secara teratur dengan cara minum 2 botol setiap hari setelah makan.

Harga minuman penurun kolesterol Nestle Acticor dibanderol mulai dari Rp27.000 per dus isi 4pcs ukuran 85ml.

Apakah yogurt penurun kolesterol?

Ya, akan tetapi tidak untuk semua jenis dan merek yogurt. Hanya yogurt yang mengandung bakteri Lactobacillus acidophilus La5 dan Bifidobacterium lactis Bb12 saja yang dapat membantu tubuh dalam menurunkan kolesterol.

Seperti yang Tim LuvIndomaret kutip dari Healthline artikel “Yogurt with Lactobacillus Acidophilus“, bahwa ternyata menurut hasil penelitian tidak semua jenis probiotik atau bakteri yang biasanya ada di dalam yogurt dapat menurunkan kolesterol, melainkan hanya dari dua jenis bakterti tersebut saja.

Dan faktanya ternyata, dari cukup banyak merek yogurt yang ada di Indonesia terutama yogurt di Indomaret, sangatlah jarang yang mengandung bakteri Lactobacillus acidophilus La5 dan Bifidobacterium lactis Bb12.

Penutup:

Kolesterol sebenarnya dibutuhkan tubuh dan tidak berbahaya, karena yang berbahaya adalah kolesterol yang teroksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas yang menyebabkan terjadinya inflamasi dan kerusakan sel dan pembuluh darah.

Ada beberapa merek minuman penurun kolesterol yang bisa Anda beli di Indomaret ataupun Alfamart sebagai salah satu cara untuk menurunkan kolesterol bagi Anda yang memang sudah terlanjur memiliki kadar kolesterol tinggi.

Simak juga:

Susu Tinggi Protein di Alfamart.

Minuman Pelancar BAB di Indomaret.

Minuman Collagen di Apotek.

Kiranti Pelancar Haid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *