bedak gatal terbaik

5 Merek Bedak Gatal Terbaik Untuk Bayi

Diposting pada

Selain bedak bayi yang wangi yang banyak orang tua usapkan ke bayi pada setiap kali bayi selesai dimandikan, ada juga produk bedak gatal untuk bayi yang lebih khusus diperuntukan untuk mengatasi gatal di kulit bayi.

Meskipun obat gatal pada bayi tidak hanya berbentuk bedak saja karena banyak juga yang berbentuk salep atau cream, akan tetapi pada kenyataannya penggunaan bedak gatal untuk kulit bayi masih cukup tinggi peminatnya.

Dan pada kesempatan kali ini Tim LuvIndomaret akan membahas seputar penyebab gatal pada kulit bayi, usia berapa bayi boleh menggunakan bedak gatal, dan juga rekomendasi merek bedak gatal untuk bayi terbaiknya.

Penyebab Gatal pada Kulit Bayi

penyebab gatal pada kulit bayi
Gambar: Pixabay.

Kulit bayi yang sensitif membuatnya rentan terhadap berbagai kondisi yang dapat menyebabkan gatal. Berikut beberapa penyebab utama gatal pada kulit bayi:

  • Ruam Popok: Ruam popok sering terjadi akibat kontak kulit bayi dengan popok yang basah atau kotor. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit bayi menjadi merah, iritasi, dan gatal.
  • Eksim (Dermatitis Atopik): Eksim adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan kulit bayi menjadi kering, gatal, dan meradang. Eksim sering muncul di lipatan kulit seperti siku, lutut, dan di sekitar leher.
  • Biang Keringat (Miliaria): Biang keringat terjadi ketika saluran keringat tersumbat, menyebabkan munculnya bintik-bintik merah dan gatal pada kulit bayi. Kondisi ini biasanya terjadi di area yang sering berkeringat, seperti leher, punggung, dan lipatan kulit.
  • Alergi Kulit: Bayi mungkin mengalami reaksi alergi terhadap bahan tertentu, seperti deterjen, sabun, atau bahan pakaian. Reaksi alergi ini dapat menyebabkan kulit menjadi gatal dan meradang.
  • Kulit Kering: Kulit bayi yang kering dapat menyebabkan rasa gatal dan ketidaknyamanan. Udara dingin atau penggunaan air yang terlalu panas saat mandi dapat memperparah kondisi ini.

Apakah Bedak Gatal Aman untuk Bayi 0-6 Bulan?

Kebanyakan bedak gatal hanya boleh dan aman digunakan untuk bayi usia 1 tahun ke atas dan tidak boleh digunakan untuk bayi usia 0-6 bulan, meskipun ada juga beberapa merek yang boleh.

Jika dipertimbangkan secara lebih rinci, penggunaan bedak gatal untuk bayi memang bisa berpotensi memberikan dampak negatif untuk kesehatan bayi karena bedak dapat dengan mudah terhirup oleh bayi.

Oleh karena itu, pergunakanlah bedak dengan cara yang benar dengan cara mengindari mengaplikasikan bedak pada area wajah dan alat kelamin bayi untuk mencegah inhalasi partikel bedak yang dapat mengganggu pernapasan dan menyebabkan infeksi di saluran kelamin bayi.

Atau pilihlah produk salep atau cream ruam popok bayi yang tidak mudah bertaburan dan terhirup oleh bayi sehingga aman digunakan.

5 Rekomendasi Bedak Gatal Untuk Bayi

Rekomendasi merek bedak gatal ini berdasarkan review, angka penjualan dan juga penilaian positif dari banyak pembeli yang sudah mendapatkan produknya:

1. Tujuh Bidara Bedak Bayi Bidara

7 bidara bedak gatal untuk bayi

Rekomendasi bedak gatal terbaik untuk bayi yang pertama berikut ini adalah merek 7 Bidara, yang tentu saja merupakan bedak yang terbuat dari komposisi utama ekstrak bidara yang diproses hingga menjadi serbuk.

Bidak bidara ini cocok digunakan untuk kebutuhan bedak biasa dan juga untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit pada bayi seperti kulit kemerahan dan juga kulit bayi gatal-gatal.

Apakah bedak bidara ini sudah BPOM?

Karena merek 7 Bidara bukanlah merek besar, tapi ternyata sudah resmi BPOM di nomor registrasi BPOM NA18210400029, yang diproduksi oleh PT Sekawan Kosmetik Wasantara yang berlokasi di Sidoarjo – Jawa Timur.

Harga bedak bidara Tujuh Bidara ini dibanderol mulai dari Rp19.500 untuk kemasan 100gr.

+) Kelebihan: Lebih aman untuk kulit bayi karena berbahan dasar ekstrak bidara dan sudah resmi BPOM.

-) Kekurangan: Tidak banyak dikeluhkan pembeli dan dianggap memiliki kualitas yang bagus dan sudah sepadan dengan harganya.

2. Caladine Baby Powder

caladine baby powder

Rekomendasi bedak gatal untuk bayi yang kedua berikut ini adalah merek Caladine, yang tentu saja sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar konsumen di Indonesia, karena memang merupakan merek lama.

Bedak Caladine ini banyak dipercaya sebagai bedak gatal untuk mengatasi beberapa permasalahan pada kulit bayi seperti gatal-gatal biasa ataupun gatal karena merah-merah terkena ruam popok.

Caladine Baby Powder untuk bayi usia berapa? jawabannya adalah untuk bayi usia 7 bulan ke atas.

Harga bedak gatal Caladine Baby Powder dibanderol mulai dari Rp9.990 untuk kemasan 100gr.

+) Kelebihan: Harganya murah dan terjangkau.

-) Kekurangan: Bedak gatal Caladine ini tidak bisa digunakan untuk bayi 0-6 bulan.

3. Konicare Bedak Biang Keringat

konicare bedak biang keringat

Dibandingkan dengan kedua bedak gatal di atas, bedak Konicare ini lebih spesifik dalam menjelaskan kegunaannya. Hal tersebut terlihat jelas pada kemasannya yang bertulisan Konicare Bedak Biang Keringat yang berarti memang ditujukan untuk mencegah dan mengatasi biang keringat pada kulit bayi.

Selain berbahan talc seng oxide, kalamin dan allantoin, bedak Konicare untuk gatal pada bayi ini juga mengandung ekstrak minyak zaitun yang membantu melembapkan kulit bayi.

Konicare Bedak Biang Keringat untuk bayi usia berapa? menurut K24klik.com, bedak ini bisa digunakan untuk bayi usia 4 bulan ke atas.

Harga Konicare Bedak Biang Keringat ini dibanderol mulai dari Rp13.965 untuk kemasan botol 80gr.

+) Kelebihan: Harganya murah dan bisa untuk bayi usia 4 bulan ke atas.

-) Kekurangan: Tidak banyak dikeluhkan pembeli.

4. My Baby Baby Powder Biang Keringat

bedak gatal my baby

My Baby mungkin lebih populer sebagai bedak perawatan bayi biasa akan tetapi My Baby ternyata juga memproduksi bedak gatal yang secara spesifik penggunannya untuk membantu mengatasi biang keringat.

Jadi untuk Anda yang saat ini sedang mencari merek bedak gatal untuk bayi Anda apakah karena masalah biang keringat, ataupun ruam popok ringan, bedak ini layak untuk Anda coba.

Bedak gatal My Baby ini memiliki kelembutan yang sudah tidak udah diragukan lagi sehingga cocok untuk bayi usia 0-6 bulan asalkan menggunakannya dengan cara yang benar yakni dengan menghindari area wajah dan alat kelamin bayi.

Harga bedak My Baby Biang Keringat ini dibanderol mulai dari Rp10.592 untuk kemasan ukuran 135gr.

+) Kelebihan: Bedak gatal ini bisa digunakan untuk bayi 0-6 bulan.

-) Kekurangan: Tidak cocok untuk mengatasi biang keringat dan ruam popok berat.

5. Liberty Salicyl Powder

bedak gatal salicyl

Bahan lain yang ditambahkan diantaranya adalah ekstrak aloe vera yang dapat melembutkan dan melembapkan kulit.

Dikarenakan dapat memberikan sensasi dingin dari menthol itulah yang membuat bedak ini dapat mengurangi gatal-gatal di kulit bayi karena biang keringat ataupun ruam-ruam di kulit.

Bedak gatal Liberty Salicyl ini untuk bayi usia berapa? hal ini belum dapat kami ketahui karena pada keterangan di kemasan dan juga di situs resminya hanya tertulis cocok untuk anak-anak hingga orang dewasa dan tidak ada sebutan spesifik bayi usia berapa bulan tertentu. Sehingga demi keamanan lebih cocok untuk bayi usia 1 tahun ke atas.

Harga bedak gatal Liberty Salicyl ini dibanderol mulai dari Rp9.900 untuk kemasan ukuran 75gr.

+) Kelebihan: Memberikan sensasi dingin yang menyejukkan kulit.

-) Kekurangan: Tidak cocok untuk bayi 0-6 bulan.

Kesimpulan

Gatal pada kulit bayi dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti biang keringat, ruam popok, eksim, alergi kulit, dan kulit kering.

Penggunaan bedak gatal untuk bayi berusia 0-6 bulan harus dilakukan dengan hati-hati karena sebagian besar merek hanya diperuntukkan untuk bayi usia 1 tahun ke atas.

Referensi:

Simak juga:

Bedak Kelly BPOM.

Sabun Bayi Untuk Kulit Sensitif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *