susu bayi terbaik

7 Merek Susu Bayi (Susu Formula) Terbaik di Indomaret, Alfamart dan Marketplace

Diposting pada

Susu bayi terbaik untuk bayi adalah ASI atau Air Susu Ibu, dan ini merupakan fakta yang disetujui oleh seluruh ahli kesehatan di seluruh dunia dari dulu hingga saat ini.

Karena ASI secara alami memang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi, dan di dalam ASI ini juga mengandung antibodi yang sangat bermanfaat untuk bayi dalam melawan infeksi dan membangun sistem kekebalan tubuh sejak dini.

Namun dikarenakan berbagai alasan dan kondisi tertentu seperti bayi prematur, Ibu tidak bisa memproduksi ASI secara alami, karena sibuk kerja dan sebagainya, orang tua kemudian harus memberikan susu bayi atau yang lebih dikenal sebagai susu formula untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayinya.

Ada yang memberikan susu formula sebagai susu tambahan saja, akan tetapi ada juga yang memberikan susu formula sebagai susu utama pengganti ASI dikarenakan sang Ibu memang tidak bisa memproduksi ASI.

Namun harus selalu diingat bahwa pemberian ASI eksklusif dari bayi umur 0-6 bulan sangatlah penting demi kesehatan dan pertumbuhan bayi yang lebih baik.

Bahkan di dalam Agama Islam ada juga anjuran agar setiap Ibu untuk menyusui bayinya hingga usia 2 tahun.

Manfaat Susu Bayi

Susu bayi terutama ASI memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pilihan susu untuk bayi yang tepat dapat memberikan nutrisi yang diperlukan untuk mendukung kesehatan dan perkembangan si kecil.

Berikut adalah beberapa manfaat susu bayi yang penting untuk diketahui:

  • Pertumbuhan dan Perkembangan: Susu bayi menyediakan nutrisi yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan tulang, kecerdasan otak, dan sistem saraf si bayi.
  • Kekebalan Tubuh: Komponen-komponen dalam susu bayi terutama ASI juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anak, membantu melindungi mereka dari penyakit dan infeksi.
  • Kesehatan Pencernaan: Susu bayi juga dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan si bayi terutama yang mengandung prebiotik.

Komposisi Nutrisi Susu Bayi

Susu bayi yang baik harus mengandung nutrisi yang seimbang, mencakup beberapa komponen penting seperti:

  • Protein: Penting untuk pertumbuhan otot dan jaringan.
  • Lemak: Sumber energi penting untuk perkembangan otak.
  • Karbohidrat: Memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Vitamin dan Mineral: Penting untuk mendukung perkembangan tulang, sistem saraf, dan kekebalan tubuh.

Susu kental manis tidak boleh diberikan kepada bayi karena memiliki nilai gizi yang sangat rendah dan justru malah tinggi gula yang tidak baik untuk kesehatan bayi.

Cara Memilih Susu Bayi yang Tepat

Memilih susu formula untuk bayi yang tepat sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih susu bayi antara lain:

  • Usia Bayi: Ada susu formula yang dirancang khusus untuk bayi baru lahir, susu formula BBLR untuk bayi prematur, dan ada pula untuk bayi yang lebih besar mulai dari umur 6 bulan sampai 1 tahun atau lebih.
  • Kondisi Kesehatan: Beberapa bayi mungkin memerlukan formula khusus jika memiliki alergi terhadap susu sapi atau masalah kesehatan lainnya.
  • Konsultasi dengan Dokter: Selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum memutuskan susu formula yang tepat.

7 Merek Susu Bayi (Susu Formula) Terbaik di Indomaret, Alfamart dan Markteplace

Rekomendasi berikut ini berdasarkan review, angka penjualan dan penilaian positif dari para pembeli yang sudah membelinya langsung di marketplace:

1. Enfamil A+ Premature

susu formula untuk bayi prematur enfamil a premature

Susu formula untuk bayi prematur.

LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Nyari merk susu formula untuk bayi prematur agar cepat gemuk? merk Enfamil A+ Premature ini adalah salah satu pilihan terbaiknya.

Bayi prematur yang lahir kurang dari usia kehamilan 32 hingga 37 minggu secara umum akan memiliki berat badan dibawah normal yakni kurang dari 2kg. Oleh karena itulah diperlukan tambahan nutrisi dari susu BBLR yang merupakan jenis susu formula yang khusus untuk bayi prematur.

Enfamil A+ Premature ini termasuk salah satu susu BBLR untuk bayi prematur yang bagus karena terbuat dari komposisi nutrisi berkualitas berdasarkan hasil riset dan uji laboratorium oleh para tim ahli kesehatan Mead Johnson Nutrition.

Namun perlu diingat bahwa merawat bayi prematur harus lebih ekstra hati-hati jika dibandingkan dengan merawat bayi normal terutama dari segi kebersihan dan kehigienisannya terutama dalam pennyajiannya menggunakan dot bayi atau botol susu yang sudah disterilkan menggunakan alat sterilisasi botol susu.

Harga susu Enfamil A+ Premature dibanderol mulai dari Rp314.300 per kemasan kaleng ukuran 400gr.

+) Kelebihan: Terbuat dari nutrisi penting yang dibutuhkan bayi prematur berdasarkan rekomendasi dokter dan hasil riset dan uji laboratorium oleh para ahli di bidangnya.

-) Kekurangan: Harganya cukup mahal.

2. SGM Ananda 0-6 Bulan

susu bayi sgm ananda 0 6 bulan
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Untuk Anda penggemar susu merk SGM dan mencari susu SGM 0-6 untuk bayi baru lahir, SGM Ananda inilah jawabannya.

Namun untuk pengguaan atau pemberiannya untuk bayi harus sangat hati-hati dan selalu memberikan sesuai dengan takaran penyajian yang dianjurkan yang tertera pada kemasan atau dusnya.

Harga susu SGM Ananda untuk bayi umur 0-6 bulan dibanderol mulai dari Rp92.500 untuk kemasan besar 1000gr yang bisa digunakan untuk 32 sajian.

+) Kelebihan: Harganya murah dan terjangkau, serta terjamin aman karena diproduksi oleh brand terpercaya.

-) Kekurangan: Memiliki kandungan nutrisi yang masih kurang sehingga sangat disarankan agar dijadikan sebagai susu tambahan ASI saja.

3. S-26 Promil Gold

susu bayi s 26 promil gold 0 6 bulan
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Nyari susu formula bayi yang mendekati ASI? susu S-26 Promil Gold sangat layak untuk Anda pertimbangkan. Karena susu ini memang memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap meskipun tidak selengkap ASI.

Susu S-26 Promil Gold ini juga diperuntukan untuk bayi baru lahir umur 0-6 bulan sehingga bisa langsung dapat diberikan untuk Anda yang memang membutuhkannya.

Harga susu S-26 Promil Gold yang diproduksi oleh Wyeth Nutrition ini dibanderol Rp376.200 untuk kemasan kaleng besar ukuran 900gr.

+) Kelebihan: Mengandung nutrisi yang lengkap untuk bayi baru lahir sampai umur 6 bulan.

-) Kekurangan: Harganya terbilang mahal dan termasuk dalam jajaran susu bayi paling mahal di Indonesia.

4. Bebelove 1 0-6 Bulan

susu formula bebelove 1
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Bebelove merupakan susu bayi baru lahir yang sudah memiliki reputasi yang baik. Hal tersebut karena didukung pengalamannya yang sudah lebih dari 100 tahun di bidang Nutrisi Pertumbuhan dan juga Perkembangan Anak dan kesehatan pencernaan.

Oleh karena itu Bebelove 1 ini termasuk merk susu formula yang baik untuk pencernaan bayi.

Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalam susu Bebelove ini sudah terjamin lulus uji laboratorium dan juga berdasarkan riset nutrisi penting yang dibutuhkan newborn baby atau bayi baru lahir.

Harga susu Bebelove 1 untuk bayi 0-6 bulan dibanderol Rp147.000 untuk kemasan kaleng ukuran 800gr.

+) Kelebihan: Diproduksi oleh perusahaan terperecaya dan mengandung nutrisi yang cukup lengkap untuk pertumbuhan bayi baru lahir hingga umur 6 bulan.

-) Kekurangan: Harganya masih bisa dikatakan agak mahal.

5. Morinaga BMT 1 0-6 Bulan

susu formula morinaga bmt 0 6 bulan
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Untuk Anda yang bertanya merk susu formula untuk kecerdasan otak bayi 0-6 bulan, merk Morinaga BMT ini adalah salah satu pilihan terbaiknya.

Susu BMT 1 ini mengandung nutrisi AA dan DHA tinggi yang sangat penting kaitanya dalam membantu pertubuhan jaringan dan sel-sel otak pada bayi sehingga secara otomatis dapat berpengaruh pada kecerdasan bayi.

Harga susu Morinaga BMT 1 0-6 bulan ini dibanderol mulai dari Rp189.000 untuk kemasan dus ukuran 800gr, tapi ada juga kemasan kecil ukuran 400gr yang harganya Rp100 ribuan.

+) Kelebihan: Mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan otak dan kecerdasan bayi baru lahir sampai usia 6 bulan.

-) Kekurangan: Harganya juga masih terbilang mahal untuk konsumen di Indonesia.

6. Frisian Baby Primamil 6-12 Bulan

susu bayi frisian baby primamil 6 12 bulan
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Yang satu ini cukup populer sebagai salah satu merk susu penambah berat badan bayi usia 6-12 bulan, sehingga layak untuk Anda coba jika saat ini anak Anda berumur di rentang tersebut.

Terkait brand Frisian Baby ini tentu saja sudah tidak asing lagi karena masih merupakan brand Frisian Flag atau susu bendera yang sudah puluhan tahun malang melintang di Indonesia.

Sebagai pendaping ASI atau karena kesibukan yang tinggi, Anda bisa memberikan susu formulai Primamil ini untuk bayi kesayangan Anda.

Harga susu Frisian Baby Primamil 6-12 bulan ini dibanderol mulai dari Rp221.000 untuk kemasan besar ukuran 1500gr.

+) Kelebihan: Harganya murah dan terjangkau dan diproduksi oleh brand terpercaya.

-) Kekurangan: Tidak banyak dikeluhkan dan banyak dijadikan sebagai susu formula lanjutan untuk menambah berat badan bayi.

7. SGM Eksplor SOYA 1-5 Tahun

susu formula sgm eksplor soya
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Susu SGM bikin bayi cepat gemuk? hal tersebut sudah menjadi rahasia umum karena faktanya memang sudah cukup banyak balita yang menjadi gemuk setelah diberi tambahan susu SGM untuk bayi umur 1-3 tahun.

Meskipun memang ada cukup faktor yang dapat mempengaruhi berat badan bayi ideal selain nutrisi.

Keunggulan dari susu SGM Eksplor SOYA ini adalah terbuat dari susu soya yang kualitasnya tentu saja lebih baik dan bisa dijadikan sebagai alternatif susu sapi. Sehingga sangat cocok untuk bayi yang memiliki alergi terhadap susu sapi.

Dengan kandungan protein nabati dari ekstrak soya atau kedelai inilah yang membuat susu ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk merk susu formula penambah berat badan bayi umur 1-3 tahun bahkan bisa diberikan hingga umur 5 tahun.

Harga susu SGM Eksplor Soya di Indomaret, Alfamart atau Apotek dibanderol mulai dari Rp83.500 untuk kemasan 700gr.

+) Kelebihan: Harganya murah dan terjangkau, terbuat dari susu kedelai yang tidak berpotensi menimbulkan alergi untuk bayi yang alergi susu sapi.

-) Kekurangan: Tidak banyak dikeluhkan oleh para pembeli dan dianggap memiliki kualitas yang sangat setara dengan harganya.

Tips dalam Memberikan Susu Bayi

Selain memilih susu bayi yang tepat, cara memberikan susunya juga memegang peranan penting. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam memberikan susu bayi:

  • Posisi yang Tepat: Pastikan bayi dalam posisi yang nyaman dan aman saat diberi susu.
  • Sterilisasi Botol: Pastikan botol susu dan alat-alat lainnya steril sebelum digunakan.
  • Frekuensi Pemberian: Ikuti pola pemberian susu yang disarankan oleh dokter atau ahli gizi.

Kesimpulan

Dengan memperhatikan manfaat susu bayi, komposisi nutrisinya, cara memilih susu bayi yang tepat, dan tips dalam memberikan susu bayi, orangtua dapat memberikan perhatian yang maksimal terhadap kesehatan dan perkembangan si kecil.

Tetap berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Referensi:

Simak juga:

Sabun Cuci Botol Bayi di Indomaret.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *