yogurt di indomaret

5 Merek Yogurt Terbaik Untuk Diet dan Bayi di Indomaret dan Alfamart

Diposting pada

Mau nyari yogurt untuk diet atau yogurt untuk bayi yang dijual di Indomaret atau Alfamart? awas, jangan asal piliha ya! Pastikan yang plain, yang tanpa perasa, tanpa pewarna dan juga yang tanpa tambahan gula.

Bolehkah saya memberikan yogurt untuk bayi saya? pertanyaan ini sering muncul di benak para orang tua ketika berencana hendak membeli yogurt untuk bayi mereka.

Dan jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah boleh, asalkan usia bayi sudah mencapai minimal 6 bulan, bertepatan dengan sudah diperbolehkannya bayi untuk diberi MPASI bayi atau makanan pendamping ASI.

Sebagai orang tua tentu kita selalu ingin memberikan yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi kita. Dan salah satu makanan yang sering direkomendasikan adalah yogurt. Tapi, apakah benar yogurt dapat memberikan manfaat untuk bayi?

Pada kesempatan kali ini Tim LuvIndomaret akan membahas seputar manfaat yogurt untuk bayi dan juga untuk diet, kapan bayi boleh mengonsumsinya, cara memilih yogurt dan rekomendasi merek terbaiknya yang bisa Anda beli di gerai Indomaret ataupun Alfamart.

Manfaat Yogurt Untuk Bayi

manfaat yogurt untuk bayi
Gambar: Pixabay.

Berdasarkan data penelitiannya yang sudah sejak dulu dilakukan, ada cukup banyak manfaat yogurt untuk bayi seperti berikut ini:

  • Melancarkan sistem pencernaan dan menyehatkan usus: Probiotik atau bakteri baik yang terkandung di dalam yogurt membantu proses pencernaan, proses penyerapan nutrisi, dan juga menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus bayi.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Probiotik atau bakteri baik yang terkandung di dalam yogurt ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga dapat membuat bayi menjadi lebih jarang sakit yang disebabkan karena infeksi bakteri atau kuman.
  • Mencegah diare pada bayi: Yogurt dapat membantu mencegah diare pada bayi karena mengandung probiotik yang baik yang berkaitan erat dengan kesehatan usus secara keseluruhan..
  • Mengandung nutrisi penting untuk bayi: Yogurt kaya akan protein, kalsium, vitamin B12, riboflavin, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Manfaat Yogurt untuk Diet Orang Dewasa

manfaat yogurt untuk diet
Gambar ini dibuat menggunakan AI.

Apa sajakah manfaat yogurt untuk diet orang dewasa yang kaitannya dalam menurunkan berat badan?

Berikut ini diantaranya seperti yang kami kutip dari Healthline dalam “The Yogurt Diet: Weight Loss Fact of Fiction” berikut ini:

  • Yogurt Mengandung Nutrisi Tinggi: Yogurt kaya akan kalsium, protein, dan probiotik, yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang.
  • Tinggi Protein: Kandungan protein dalam yogurt dapat mengatur hormon yang mengurangi rasa lapar dan membantu meningkatkan metabolisme, sehingga membantu pembakaran kalori lebih efisien.
  • Mengandung Probiotik: Beberapa studi menunjukkan bahwa probiotik dalam yogurt, terutama Lactobacillus, berpotensi membantu mengurangi lemak tubuh.
  • Mengurangi Nafsu Makan: Mengganti makanan tinggi kalori dan rendah protein dengan yogurt dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mengurangi asupan kalori.
  • Konsumsi Rutin: Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi yogurt secara teratur cenderung memiliki risiko lebih rendah mengalami kelebihan berat badan.

Namun penting untuk memilih merek yogurt untuk diet harus yang tanpa tambahan gula dan memperhatikan label nutrisi untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Cara Memilih Yogurt Yang Tepat

Tidak semua yogurt cocok untuk bayi, dan tidak semua merek yogurt yang beredar di pasaran juga berkualitas baik. Karena berdasarkan pengalaman Tim LuvIndomaret, faktanya masih cukup banyak toko/minimarket yang tidak menyimpan yogurt dengan benar di lemari pendingin.

Padahal yogurt yang tidak disimpan di dalam lemari pendingin dan dibiarkan di suhu ruangan dengan temperatur diatas 4 derajat celcius selama lebih dari 2 jam akan dapat membunuh semua bakteri yang ada di yogurt tersebut.

Bukan hanya itu saja, terjadinya pertumbuhan bakteri jahat pada yogurt sangat mungkin terjadi terutama untuk jenis yogurt yang diberi tambahan gula dan buah-buahan.

Dan ketika hal itu terjadi, maka bayi atau orang yang mengonsumsinya tidak mendapatkan manfaat dari yogurt kecuali hanya rasa asamnya saja.

Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda perhatikan ketika hendak memilih yogurt untuk bayi Anda:

  • Pilih merek yogurt yang terpercaya: Dengan memilih produk yogurt yang bermerek terpercaya akan lebih terhindar dari jenis yogurt yang berkualitas buruk.
  • Pilih yogurt yang selalu disimpan di lemari pendingin: Janganlah Anda membeli yogurt yang disimpan suhu ruangan atau diluar lemari pendingin, karena bakteri yogurt tidak dapat hidup di temperatur suhu 4 derajat celcius ke atas sehingga dapat dipastikan semua bakteri yang ada di dalamnya sudah mati.
  • Pilih yogurt plain: Memilih yogurt untuk bayi yang terbaik adalah jenis yogurt plain, yakni jenis yogurt yang tidak mengandung perasa sintetis, tambahan gula apalagi pemanis buatan seperti aspartam dan sakarin, dan juga tambahan pewarna yang dapat berpotensi menyebabkan alergi atau gangguan pencernaan pada bayi.
  • Pilih yogurt ber-probiotik tinggi: Pilihlah jenis yogurt yang mengadung kandungan bakteri tinggi terutama untuk jenis bakteri baik seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium.
  • Perhatikan tanggal kadaluwarsa yogurt: Pastikan juga untuk selalu mengecek expiry date atau tanggal kadaluwarsa pada kemasan yogurt sebelum Anda membelinya.

Cara Aman Memberikan Yogurt Kepada Bayi

Takut bayi Anda alergi yogurt? tidak perlu khawatir Bun! karena Anda bisa mempraktikkan beberapa tips dan cara aman memberikan yogurt untuk bayi seperti berikut ini:

  • Berikan yogurt mulai dari porsi kecil terlebih dahulu: Berikan yogurt dalam jumlah sedikit terlebih dahulu untuk bayi Anda, seperti misalnya 1-2 sendok teh, lalu amati reaksi bayi hingga sekitar 24 jam. Perhatikan reaksi alergi, jika bayi menunjukkan tanda-tanda alergi seperti munculnya ruam merah di kulit, gatal, atau diare, hentikan pemberian yogurt dan konsultasikan dengan dokter spesialis anak.
  • Campurkan yogurt dengan makanan MPASI bayi lain: Untuk memperkenalkan rasa baru kepada bayi, Anda dapat mencampurkan yogurt dengan buah-buahan atau sayuran yang sudah dihaluskan untuk bayi Anda.
  • Berikan yogurt untuk bayi Anda pada waktu yang tepat: Berikan yogurt saat bayi lapar, bukan saat bayi sudah dalam kondisi kenyang atau sebelum tidur.
  • Jaga kebersihan alat makan: Pastikan Anda menjaga kebersihan alat makan saat menyiapkan dan memberikan yogurt kepada bayi.

Mengapa yogurt boleh diberikan ke bayi dari umur 6 bulan sedangkan susu sapi hanya boleh diberikan ke bayi umur 1 tahun ke atas padahal bahan pembuatannya sama-sama dari susu sapi?

Pertanyaan seperti ini sering jadi pertanyaan para orang tua, dan jawabannya adalah hal tersebut lantaran pada bayi umur di bawah 1 tahun, sistem pencernaan bayi belum dapat mencerna protein susu sapi, sedangkan pada yogurt, protein susu sapi yang terkandung di dalamnya sudah dipecah oleh bakteri baik setelah melalui proses fermentasi hingga menjadi jenis protein susu sapi yang dapat dicerna oleh sistem pencernaan bayi umur di bawah 1 tahun.

Mitos Tentang Yogurt Untuk Bayi Yang Perlu Anda Ketahui

Hingga di tahun 2024 ini terkadang masih juga beredar di masyarakat tentang beberapa mitos seputar yogurt untuk bayi yang perlu diluruskan seperti berikut ini:

  • Mitos yogurt menyebabkan alergi pada bayi: Faktanya tidak semua bayi akan alergi terhadap yogurt. Alergi dapat terjadi pada setiap makanan, termasuk yogurt. Namun, yogurt yang berkualitas baik justru dapat membantu mencegah alergi.
  • Mitos yogurt menyebabkan sembelit pada bayi: Faktanya yogurt yang mengandung probiotik justru dapat membantu mencegah sembelit pada bayi dan menyehatkan usus dan sistem pencernaan secara keseluruhan.
  • Mitos yogurt hanya untuk bayi yang sudah bisa makan padat: Faktanya yogurt justru bagus dan dapat diberikan kepada bayi yang baru berusia 6 bulan, saat mereka mulai diperkenalkan dengan makanan padat.
  • Mitos yogurt hanya untuk bayi yang tidak minum ASI: Faktanya yogurt dapat diberikan kepada bayi yang masih minum ASI ataupun susu formula bayi. Yogurt hanya sebagai makanan tambahan, bukan pengganti ASI ataupun susu formula.

Resep Makanan Bayi Yang Cocok Dicampur Yogurt

Berikut ini adalah beberapa resep makanan bayi yang cocok jika dicampur atau ditambahkan yogurt, yang juga mudah cara melakukannya:

  • Puree Buah dengan Yogurt: Campurkan buah-buahan yang sudah dihaluskan dengan yogurt plain. Dapat ditambahkan sedikit air atau ASI/susu formula untuk mengatur kelembutan dan kekentalannya.
  • Bubur Bayi Organik dengan Yogurt: Tambahkan yogurt plain ke dalam bubur nasi bayi hangat siap makan untuk menambah rasa dan juga memperkaya nutrisinya.
  • Smoothie Sayuran dengan Yogurt: Blender sayuran seperti bayam, wortel, atau labu dengan yogurt plain untuk membuat smoothie bernutrisi tinggi yang rasanya enak dan menyegarkan.
  • Sup Sayuran dengan Yogurt: Masukkan yogurt plain ke dalam sup sayuran hangat siap makan untuk menambahkan rasa yang lebih enak dan juga tekstur yang lebih lembut.

5 Merek Yogurt Terbaik Untuk Diet dan Bayi di Indomaret dan Alfamart

Semua produk yogurt berikut ini cocok untuk diet dan juga untuk bayi dan dapat Anda beli langsung di gerai Indomaret, Alfamart ataupun ritel dan minimarket terdekat lainnya. Namun pastikan setiap penjualnya menyimpan yogurt tersebut di dalam lemari pendingin.

Karena terkadang ketika yogurt datang ke sebuah toko, datangnya dalam jumlah banyak yang tidak mungkin muat di lemari pendingin, oleh karena itulah hanya ada beberapa saja yang disimpan di lemari pendingin sedangkan sisanya disimpan di bagian belakang toko atau di gudang.

1. Biokul Set Yogurt Plain

biokul set yogurt plain

Yogurt untuk diet yang paling mudah didapatkan di Indomaret dan Alfamart.

Yogurt Biokul Plain ini sudah cukup populer sebagai yogurt untuk diet penurun berat badan juga sebagai tambahan untuk MPASI. Dan yogurt Biokul ini merupakan salah satu merek yogurt di Indomaret dan Alfamart yang paling laris manis penjualannya.

Harga Biokul Set Yogurt Plain di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp9.700 untuk kemasan yang paling ukuran 80ml.

Meskipun ada juga kemasan yang lebih murah seperti Biokul Yogurt To Go Plain 80gr yang harganya Rp5.700 namun dikarenakan mengandung nata decoco sehingga tidak cocok untuk bayi.

Selain varian plain, untuk anak-anak dan orang dewasa tersedia juga varian lainnya seperti stroberi, mangga, blueberry, leci, dan lain-lain.

+) Kelebihan: Mudah didapatkan karena tersedia di gerai Indomaret dan Alfamart.

-) Kekurangan: Biokul Plain terkadang sering kosong karena stok yang paling banyak adaalah varian yang berperisa buah.

2. Cimory Squeeze Yogurt Original

cimory yogurt original

Yogurt untuk diet dan untuk bayi yang kemasannya praktis.

Yogurt Cimory selama ini sudah sangat populer akan rasanya yang lebih gurih dari kebanyakan merek yogurt yang ada di pasaran karena semua produk yogurt Cimory dibuat menggunakan susu sapi segar.

Harga Cimory Squeeze Yogurt Original yang bagus untuk diet dan juga boleh dan cocok diberikan untuk bayi 6 usia bulan ke atas ini di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp10.000 untuk kemasan praktis pouch ukuran 120gr.

+) Kelebihan: Kemasannya praktis dan mudah digunakan serta rasanya lebih gurih dari kebanyakan merek yogurt lain.

-) Kekurangan: Tidak banyak dikeluhkan konsumen dan dianggap memiliki kualitas yang sepadan dengan harganya.

3. Greenfields Yogurt Original

greenfields yogurt original

Merek yogurt terbaik untuk diet dan juga untuk bayi selanjutnya masih dikemas dalam kemasan pouch yang praktis seperti yogurt Cimory yakni Greenfields Yogurt Original.

Greenfields selama ini juga sudah cukup populer dengan produk susu cair murni atau susu UHT yang diproduksinya yang mudah didapatkan karena tersedia di hampir semua cabang Indomaret dan Alfamart.

Harga Greenfields Yogurt Original di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp9.200 untuk kemasan pouch yang paling kecil ukuran 110gr.

+) Kelebihan: Dibuat oleh brand terpercaya dan berkualitas.

-) Kekurangan: Terkadang susah di dapatkan di Indomaret dan Alfamart karena kebanyaka adalah varian yang memiliki rasa.

4. Yummy Yoghurt Natural Plain

yummy yoghurt natural plain

Rekomendasi merek yogurt terbaik untuk diet dan untuk bayi selanjutnya adalah Yummy Yoghurt Natural Plain yang tersedia dalam kemasan cup kemasan besar ukuran 500gr.

Memang ada juga varian kemasan yang lebih kecil ukuran 100gr, akan tetapi hanya tersedia untuk jenis greek yang memiliki kandungan protein susu sapi yang lebih tinggi dari jenis plain biasa sehingga tidak disarankan untuk bayi 6 bulan sampai 1 tahun.

Harga Yummy Yoghurt Natural Plain di Indomaret dan Alfamart kemasan cup 500gr dibanderol mulai dari Rp40.000.

+) Kelebihan: Harganya terbilang murah untuk kemasan 500gr yang dibanderol dibawah Rp50 ribuan.

-) Kekurangan: Agak sudah didapatkan karena tidak tersedia di semua gerai Indomaret dan Alfamart.

5. Elle & Vire Le Nature Sucre Plain Sweet

yogurt Elle Vire Le Nature Sucre Plain Sweet

Rekomendasi yang terakhir berikut ini adalah yogurt Elle & Vire Le Nature Sucre yang memang termasuk merek yang masih belum cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di kalangan non perkotaan.

Hal tersebut lantaran yogurt ini memang tidak tersedia di gerai-gerai seperti Indomaret dan Alfamart melainkan di supermarket-supermarket yang ada di daerah perkotaan.

Berasal darimanakah yogurt Elle & Vire Le Nature Sucre Plain Sweet ini? ternyata yogurt ini terbuat dari susu sapi Prancis yang berkualitas.

Harga yogurt Elle & Vire Le Nature Sucre dibanderol mulai dari Rp17.900 untuk kemasan ukuran 125gr.

+) Kelebihan: Terbuat dari susu sapi Prancis yang diklaim berkualitas baik.

-) Kekurangan: Susah didapatkan karena tidak tersedia di gerai Indomaret dan Alfamart.

Kesimpulan

Yogurt adalah salah satu produk yang bisa dijadikan tambahan MPASI yang sangat bermanfaat untuk bayi terutama untuk kesehatan sistem pencernaan bayi termasuk menyehatkan usus.

Kandungan nutrisi, probiotik, dan tekstur yang lembut dalam yogurt dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.

Referensi:

Simak juga:

Susu Rendah Lemak Untuk Diet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *