minyak angin terbaik

9 Merek Minyak Angin Terbaik di Indomaret, Apotek dan Marketplace

Diposting pada

Macam-macam merek minyak angin yang sudah sejak dulu banyak digunakan masyarakat Indonesia diantaranya adalah minyak angin caplang dan minyak cap kapak, namun saat ini pilihannya sudah semakin banyak dan bahkan ada yang diimpor dari Cina dan Thailand.

Minyak angin kebanyakan terbuat dari bahan utama minyak kayu putih yang memang sudah dari dulu dipercaya dapat membantu meringankan berbagai keluhan kesehatan ringan seperti masuk angin dengan beberapa gejala khas seperti perut kembung dan mual, sakit kepala atau pusing, badan pegal-pegal dan juga gatal-gatal akibat gigitan serangga.

Dan hingga saat ini, produk tersebut masih laris manis dan banyak digunakan terutama oleh kalangan orang tua dan selalu dibawa dan dimasukkan ke dalam tas setiap mereka hendak bepergian naik kendaraan bermotor agar tidak masuk angin dan muntah atau mabuk kendaraan.

Penyebab masuk angin

penyebab masuk angin
Gambar: Freepik.

Penyebab masuk angin apa ya? sebelum menjawab pertanyaan ini, penting juga untuk diketahui bahwa penyakit masuk angin dalam dunia medis sebenarnya tidak ada.

Apalagi jika seperti yang didefinisikan oleh kebanyakan masyarakt bahwa masuk angin adalah ketika tubuh kemasukan angin terlalu banyak sehingga jadi sakit dan harus dikerok atau kerokan agar angin di dalam tubuh keluar melalui pori-pori kulit.

Masuk angin hanyalah sebuah istilah dari masyarakat untuk menggambarkan kondisi badan ketika sedang sakit dengan beberapa gejala seperti perut kembung dan mual, demam, pilek dan sakit kepala, yang istilah medis sebenarnya nama lain masuk angin adalah flu atau common cold.

Jadi kesimpulan penyebab masuk angin adalah bermacam-macam yang diantaranya adalah bisa karena infeksi virus dan bakteri tertentu yang menyerang saluran pernapasan, atau karena gejala sakit maag, dan naiknya asam lambung berlebih seperti GERD.

Cara mengatasi masuk angin

Mengutip Siloam Hospitals terkait “masuk angin“, berikut ini beberapa cara mengatasi masuk angin yang penting untuk Anda ketahui:

  • Istirahat yang Cukup: Memberikan waktu bagi tubuh untuk pulih sangat penting yang bisa dilakukan dengan beristirahat yang cukup..
  • Konsumsi Makanan Hangat: Mengonsumsi makanan seperti sup atau minuman herbal dapat membantu menghangatkan tubuh dan meredakan gejala.
  • Minum Air Putih: Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik untuk mendukung proses penyembuhan.
  • Menggunakan Obat Tradisional: Ramuan jahe atau herbal lainnya dapat membantu meredakan gejala masuk angin.
  • Pijat dan Terapi Panas: Menggunakan kompres hangat atau pijatan lembut dapat membantu mengurangi ketegangan dan meningkatkan peredaran darah.
  • Berolahraga Ringan: Aktivitas fisik yang ringan seperti berjalan dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan mempercepat pemulihan.

Tips memilih minyak angin

Bagi Anda yang selama ini belum terbiasa menggunakan minyak angin, anda bisa mencoba berbagai merek satu-satu dengan cara membelinya terlebih dulu untuk kemasan yang paling kecilnya agar mendapatkan harga yang lebih murah dan terjangkau.

Hal tersebut agar Anda bisa menemukan dan mengetahui langsung merek mana yang memiliki aroma yang benar-benar Anda sukai dan juga cukup memiliki khasiat untuk membantu mengatasi masuk angin, perut kembung, kepala pusing, di gigit serangga, dan lain-lain.

9 Merek Minyak Angin Terbaik di Indomaret dan Marketplace

Dan berikut ini adalah beberapa rekomendasi minyak angin terbaik jenis biasa dan juga aromaterapi bentuk roll on yang mudah digunakan.

1. Plossa

minyak angin plossa
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Minyak angin serbaguna yang bisa dijadikan inhaler untuk hidung tersumbat, dan juga untuk dioles untuk meredakan pusing dan pegal linu.

Kelebihan Plossa ini adalah memiliki 4 fungsi sekaligus seperti bisa dijadikan sebagai inhaler untuk melegakan hidung tersumbat ketika sedang flu atau pilek.

Sebagai roll on yang bisa dioleskan pada leher atau pelipis untuk meredakan sakit kepala, untuk relaksasi yang menenangkan dan sebagai kerokan untuk gejala masuk angin.

Tersedia dalam 3 varian yakni eucalyptus terbuat dari minyak kayu putih alami, Red Hot (extra hangat) untuk meredakan pegal linu, Plossa citrus dengan aroma jeruk segar, dan Blue Moutain untuk relaksasi.

Harga minyak angin Plossa di Indomaret, Alfamart dan Apotek dibanderol mulai dari Rp10 ribuan untuk kemasan yang berisi 10 ml, atau mungkin bisa lebih murah jika membeli dalam jumlah tertentu di marketplace seperti Shopee dan Lazada.

2. FreshCare

minyak angin freshcare

Minyak angin roll on aromatherapy paling populer di Indomaret dan Alfamart.

LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Merk selanjutnya adalah FreshCare, yang juga sudah sangat populer karena di iklankan oleh artis papan atas Indonesia Agnes Monica atau Agnes Mo.

Dan untuk saat ini sudah tersedia dalam banyak varian seperti strong, citrus, lavender, green tea, sport, splash fruity, dan bagi orang tua biasanya varian strong warna merah lebih disukai.

Harga FreshCare Aromatherapy Fresh Care di Indomaret, Alfamart dan Apotek dibanderol mulai dari Rp12.000 untuk kemasan roll on isi 10ml.

3. FreshCare Kerok Press & Relax

freshcare kerok

Minyak angin 2in1 plus alat kerok dalam satu wadah.

LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Freshcare Press & Relax atau Freshcare kerok ini merupakan produk terbaru yang dikeluarkan oleh merek Freshcare, yang kehadirannya cukup disambut positif oleh banyak konsumen terutama yang memang sudah terbiasa kerokan menggunakan koin atau uang recehan.

Kelebihan dari Freshcare kerok adalah tutup botol kemasannya berbentuk seperti koin yang memang sudah di desain secara khusus untuk kerokan orang Indonesia, sehingga jika ingin kerokan tidak memerlukan lagi koin atau alat kerokan khusus lainnya.

Harga Freshcare kerok di Indomaret, Alfamart dan Apotek dibanderol mulai dari Rp14.000 bahkan bisa juga Rp10.000 pada momen promo Indomaret tertentu.

4. Minyak Angin Cap Kapak

minyak angin cap kapak

Minyak angin paling legendaris andalan para orang tua.

LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Meskipun semakin maraknya produksi minyak angin aromaterapi di pasaran, namun hingga saat ini merk ini masih banyak jungga penggemarnya. Dan hampir semua orang tua yang masih hidup di zaman sekarang mungkin akan tahu merk minyak ini karena memang sudah sangat terkenal.

Dan terkadang cukup diandalkan dan dipercaya untuk meringankan rasa nyeri akibat keselo dan terkilir atau salah urat ringan.

Harga minyak angin cap Kapak di Indomaret, Alfamart dan Apotek dibanderol mulai dari Rp53.700 untuk kemasan besar isi 56ml.

5. Safe Care

minyak angin safe care

Minyak angin Safe Care saat ini terbilang sudah cukup terpercaya karena memang sudah ada sejak tahun 2006 lalu dan pada tahun 2012 pernah mendapatkan Top Brand Award.

Bukan hanya itu saja, karena ditahun-tahun berikutnya juga mendapatkan berbagai penghargaan lainnya seperti Gold Champion of Indonesia WOW Brand di tahun 2017.

Saat ini tersedia dalam beberapa varian yakni refreshing oil, 3 point oil telon aromatherapy, euca kayu putih plus, dan lainnya.

Harga Safe Care refreshing oil di Indomaret, Alfamart dan Apotek dibanderol mulai dari Rp15.500 untuk kemasan kecil berukuran 10 ml.

6. Minyak Angin Cap Lang (Eagle Medicated Oil)

minyak angin cap lang
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Brand Lang atau minyak angin Cap Lang ini juga merupakan salah satu brand lama yang sejak dulu paling terkenal dan digemari masyarakat Indonesia yang hingga kini masih memproduksi produk sejenis minyak kayu putih dan juga minyak telon Lang.

Minyak angin Cap Lang Medicated Oil di Indomaret, Alfamart dan Apotek dibanderol mulai dari Rp6 ribuan saja untuk kemasan ekonomis terkecilnya.

7. Four Season Medicated Oil

minyak angin cina Four Season Medicated oil

Minyak angin Cina paling laris di marketplace.

LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Meskipun menggunakan merk atau nama produk bahasa Cina, tapi minyak ini sudah diproduksi atau mungkin di packing di Indonesia.

Sudah terdaftar di BPOM RI dengan nomor registrasi “QD183616061” yang bisa dicek dengan mudah di situs resmi BPOM https://cekbpom.pom.go.id.

Harga minyak angin Cina Four Season Medicated Oil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp23.700 untuk kemasan 20ml.

8. Aromatic 1001

minyak angin aromatic 1001

3 Varian yang diproduksi oleh merk ini diantaranya adalah Aromatic Fefreshing untuk sakit kepala ringan yang terbuat dari lemon dan minyak lainnya.

Aromatic Pegal-pegal yang terbuat dari minyak cengkeh, dan Aromatic Masuk Angin yang terbuat dari bahan utama jahe merah atau jahe putih biasa.

Harga minyak angin Aromatic 1001 ini dibanderol mulai dari Rp7.000 untuk kemasan roll on kecil ukuran 8ml.

9. Poy Sian Thailand

minyak angin poy sian
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Beberapa jenis minyak angin Thailand juga banyak yang menjualnya di beberapa toko online seperti Lazada dan Shopee, akan tetapi dari beberapa produk yang kami cek ternyata tidak memiliki izin edar dari BPOM.

Bahkan produk-produk tersebut masih tertulis dan berlabel dalam bahasa Thailand asli sehingga akan sulit dimengerti bagi kita orang Indonesia.

Harga minyak angin Thailand Poy Sian ini bisa Anda beli secara online dengan harga mulai dari Rp18.500 untuk kemasan 3ml.

Simak juga:

Harga Balsem Bayi Untuk Batuk Pilek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *