minyak wijen di indomaret

7 Merek Minyak Wijen Terbaik di Indomaret, Alfamart dan Marketplace

Diposting pada

Meskipun bukanlah kebutuhan utama untuk memasak, minyak wijen atau sesame oil saat ini sudah dijual di Indomaret dan Alfamart, dan hal tersebut dikarenakan memang cukup laku dan banyak konsumen yang membelinya.

Jika dulu konsumen sering merasa kebingungan dimana tempat untuk membeli minyak wijen yang asli, kini hal tersebut sudah semakin dimudahkan karena dihampir semua gerai Indomaret dan Alfamart, serta toko online ada penjual yang menjualnya.

Tapi yang perlu digarisbawahi bagi kita yang beragama Islam khususnya dalam memilih minyak wijen yang paling utama selain harga minyak wijen adalah yang sudah ber-label dan memiliki sertifikat Halal MUI, dan juga sudah terdaftar di BPOM RI.

Dan pada kesempatan kali ini Tim LuvIndomaret ingin berbagi informasi terkait beberapa merek minyak wijen Halal MUI dan juga yang sudah terdaftar di BPOM, yang mungkin akan bermanfaat sebagai panduan untuk anda yang muslim yang membeli produk ini.

Manfaat Minyak Wijen Untuk Kesehatan

manfaat minyak wijen untuk kesehatan
gambar: pexels.com.

Mengutip MedicineNet, sedikitnya adalah 10 manfaat minyak wijen untuk kesehatan berdasarkan hasil penelitian seperti berikut ini:

  • Mengandung Antioksidan: Minyak wijen mengandung sesamol dan sesaminol, dua antioksidan kuat yang membantu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas.
  • Baik untuk Kesehatan Jantung: Mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang membantu mencegah penyakit jantung dan mengurangi pembentukan plak di arteri.
  • Menurunkan Tekanan Darah: Kandungan zinc, besi, dan magnesium dalam sesame oil dapat membantu memproduksi sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi darah serta metabolisme.
  • Sifat Anti-Inflamasi: Sesamin dalam sesame oil dapat mengurangi peradangan kronis dan melawan berbagai bakteri dan jamur.
  • Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Mengobati Arthritis: Mengandung vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang dan dapat membantu meredakan ketidaknyamanan serta peradangan yang terkait dengan arthritis.
  • Mengatur Kadar Gula Darah: Minyak wijen dapat berperan penting dalam mengatur kadar gula darah jangka panjang, terutama pada penderita diabetes.
  • Meningkatkan Kesehatan Rambut: Membantu mempertahankan warna alami rambut, meningkatkan kekuatan dan kilau rambut, serta meminimalkan kerontokan rambut.
  • Meredakan Stres, Kecemasan, dan Depresi: Mengandung asam amino tirosin yang berkaitan dengan aktivitas serotonin di otak, yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.
  • Melindungi dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari: Antioksidan dalam minyak wijen dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV).
  • Membantu Perawatan Kulit: Kaya akan lemak tak jenuh yang membantu mengurangi peradangan dan kerusakan kulit, meningkatkan elastisitas dan kehalusan kulit, serta mengurangi stres oksidatif.

Kegunaan Minyak Wijen Untuk Masakan

kegunaan minyak wijen untuk memasak

Minyak ini populer digunakan untuk melezatkan berbagai jenis masakan barat dan asia seperti negara China, Korea dan Jepang yang paling banyak menggunakannya.

  • Dalam dunia kuliner, minyak ini dipergunakan untuk menggoreng dan dan juga melezatkan masakan, terlebih jenis nasi goreng.
  • Minyak ini juga cocok digunakan untuk memasak aneka jenis olahan mie dan pasta karena mampu mencegah pasta dan mie lengket dan menempel saat direbus direbus.
  • Minyak ini juga membantu masakan agar tidak cepat basi dan mengurangi bau amis dari bahan masakan.

Harga Minyak Wijen di Indomaret, Alfamart dan Marketplace

Merek Minyak WijenHarga Kisaran
Oh Guan Hing 300mlRp31.000
Minyak Wijen ABC 195mlRp40.500
Yuen Yick Sesame Oil 110mlRp37.000
Yo Guan Heng 110mlRp12.500
Lee Kum Kee 207mlRp63.500
Al Khodry Sesame Extra Virgin Garlic Oil 120mlRp31.000
Chee Seng Sesame Oil 375mlRp105.000

7 Merek Minyak Wijen Terbaik di Indomaret, Alfamart dan Marketplace

Dan berikut ini beberapa merek minyak wijen terbaik yang dijual di Indomaret, Alfamart dan juga Marketplace, ada yang sudah bersertifikat Halal dan terdaftar di BPOM, dan ada yang belum.

1. Oh Guan Hing Sesame Oil

Oh Guan Hing Sesame Oil
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Rekomendasi merek minyak wijen terbaik yang pertama berikut ini adalah Oh Guan Hing , dan minyak ini dikemas dalam botol kaca yang tersedia dalam beberapa ukuran seperti 100 ml, 300ml,dan 600 ml.

Sudah bersertifikat Halal MUI dan terdaftar di BPOM RI dengan nomor registrasi MD 111231007135 yang diproduksi oleh CV Kie Food Industry, kota Serang, provinsi Banten.

Harga minyak wijen Oh Guan Hing Sesame Oil ini dibanderol mulai Rp31.000 dan dapat ditemukan di berbagai marketplace seperti Lazada dan Shopee.

2. Minyak Wijen ABC – Minyak Wijen Halal MUI

Minyak Wijen ABC
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Rekomendasi merek minyak wijen yang dijual di Indomaret dan Alfamart selanjutnya adalah merek ABC, yang stoknya hampir selalu ada di rak Indomaret dan Alfamart.

Nikmati kuliner Asia yang sesungguhnya dengan minyak wijen halal ABC yang memberikan kebaikan dari 100% minyak yang terbuat dari ekstrak biji wijen murni.

Minyak ini dapat digunakan untuk memasak masakan berkuah dan juga tumisan sayur-sayuran agar menambah aroma yang lebih lezat.

Harga minyak wijen ABC di Indomaret dan Alfamart ini dibanderol seharga mulai dari Rp40.500 untuk kemasan paling kecil ukuran 195 ml. Untuk minyak wijen ABC sachet sepertinya saat ini masih belum tersedia.

3. Yuen Yick Sesame Oil

Yuen Yick Sesame Oil

Merek Yuen Yick Sesame Oil ini merupakan produk asal China yang di impor langsung oleh Induk Koperasi TNI Angkatan Darat (INKOPAD) – Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta, dari perusahaan Shanwei Kasford Co, Ltd – China.

Harga minyak wijen Yuen Yick Sesame Oil di Indomaret dan Alfamart ini dibanderol mulai dari Rp37.000 untuk kemasan ukuran 100ml.

4. Yo Guan Heng Sesame Oil

Yo Guan Heng
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Bagi anda yang Muslim, tidak perlu khawatir lagi apabila ingin menggunakan merek Yo Guan Heng Sesame Oil ini karena memiliki sertifikat Halal MUI dan juga terdaftar di BPOM.

Dan hal tersebut juga sudah kami cek langsung di situs resmi BPOM dengan kode registrasi MD 108231005184 yang diproduksi oleh PT Buana Danatini Pratama, Kabupatan Serang Banten.

Yo Guan Heng Sesame Oil ini tersedia dalam 3 kemasan ukuran yakni 110ml yang dibanderol seharga mulai dari Rp12.500, 330ml, dan yang terbesar 620ml.

5. Lee Kum Kee Sesame Oil

Lee Kum Kee Sesame Oil

Merek selanjutnya Lee Kum Kee Sesame Oil yang kemungkinan besar selalu ada stoknya di gerai Indomaret atau Alfamart. Dan untuk Anda yang memang sudah terbiasa berbelanja kebutuhan dapur di Indomaret atau Alfamart, selain merek ABC, Anda juga bisa membeli merek yang ini.

Merupakan produk yang di impor langsung dari negara Tiongkok atau China oleh PT Sukanda Djaya – Jakarta. Adapun pabrik pembuat aslinya adalah Lee Kum Kee (Xin Hui) Food Co LTD di China.

Harga Lee Kum Kee Sesame Oil di Indomaret ini dibanderol mulai dari Rp63.500 untuk kemasan ukuran 207 ml.

Lee Kum Kee Sesame Oil ini sudah terdaftar di BPOM di nomor registrasi ML 108209792009 dengan nama produk Minyak Masak (Blended Sesame Oil).

6. Al Khodry Sesame Extra Virgin Garlic Oil

Al Khodry Sesame Extra Virgin Garlic Oil

Al Khodry Sesame Extra Virgin Garlic Oil ini sudah dikombinasikan dengan bawang putih dan bisa diminum langsung karena dibuat secara tradisional tanpa melalui proses pemanasan yang dapat merusak sebagian kandungan nutrisi penting dalam minyak jenis ini.

Memang merek ini belum terdaftar di BPOM dan hanya baru setara badan Dinkes P.IRT karena masih merupakan perusahaan kecil.

Tapi meskipun begitu, merek ini sudah cukup terkenal dalam membuat berbagai minyak yang berkualitas baik lainnya seperti minyak kemiri di Alfamart.

Dan karena hal tersebutlah minyak ini tetap memiliki banyak peminant dan cukup laku dipasaran online.

Harga minyak wijen Al Khodry ini dibanderol mulai dari Rp31.000 dan untuk kemasan terlaris di beberapa marketplace adalah yang memiliki ukuran 120ml.

7. Chee Seng Sesame Oil

Chee Seng sesame oil

Menurut hasil penelusuran kami di situs BPOM, Chee Seng Sesame Oil yang berlogo gambar Pagoda ini mendaftarkan 2 jenis varian produknya yakni Pure White Sesame Oil atau yang warnanya putih dan juga yang hitam.

Untuk varian yang putih memiliki nomor registrasi ML 109609494038 yang di import oleh PT Kartikawira Adi Sukses, Jakarta dari CheeSeng Oil Factory (PTE) LTD di Singapore.

Harga Chee Seng Sesame Oil ini dibanderol mulai dari Rp105.000 untuk kemasan 375 ml, yang untuk saat ini sudah tersedia dan dapat di beli di Lazada dan Shopee.

Minyak Wijen Sachet Apakah Ada?

Tidak ada. Bahkan merek ABC yang biasanya selalu menyediakan produk-produknya dalam berbagai pilihan kemasan hingga saat ini tidak memproduksi minyak wijen dalam kemasan sachet.

Penutup:

Tidak semua merek minyak wijen sudah bersertifikat Halal MUI, dan jika Anda ingin membelinya di Indomaret atau Alfamart saat ini juga sudah tersedia, meskipun dengan pilihan merek yang cukup terbatas.

Dan jika ingin mendapatkan pilihan merek yang lebih banyak, maka belilah di marketplace Shopee atau Lazada.

Referensi:

Simak juga:

Harga Minyak Zaitun Untuk Memasak.

Minyak Kelapa Untuk Memasak di Indomaret.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *