cara terapi uap habbatussauda

Cara Terapi Uap Habbatussauda Untuk Mengatasi Pilek Bayi dan Dewasa

Diposting pada

Ini dia Moms! cara terapi uap Habbatussauda untuk pilek bayi dan orang dewasa yang mudah dilakukan. Cara ini juga termasuk cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari secara alami atau tradisional karena hanya menggunakan satu jenis herbal saja yakni minyak habbatussauda yang dicampur dengan air panas.

Cara ini boleh dan cocok untuk mengatasi pilek pada bayi baru lahir dan juga bayi yang sudah berusia beberapa bulan karena penggunaannya bukan dengan cara diminumkan melainkan hanya dijadikan uap agar terhirup oleh bayi seperti layaknya alat humidifier atau diffuser.

Dan cara mengobati pilek dan hidung tersumbat pada bayi menggunakan terapi uap habbatussauda ini berdasarkan referensi dari salah seorang praktisi herbal yang bernama Ustadz Febri Sugianto dan juga pengalaman Tim LuvIndomaret langsung ketika merawat bayi pilek dan kedua hidung bayi tersumbat hingga membuat bayi tidak mau menyusu.

Contoh kasus mengatasi hidung bayi tersumbat berdasarkan pengalaman kami adalah:

  • Bayi masih berusia antara 0-5 bulan dan belum diberi MPASI.
  • Bayi pilek dan kedua hidungnya tersumbat di malam hari, bernapas melalui mulut dan tidak mau menyusu (minta menyusu tapi langsung nangis setiap sesaat setelah menghisap dot/puting Ibunya.
  • Bayi tidak demam.

Bahan dan Alat Yang Dibutuhkan

Bahan herbal yang dibutuhkan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi ini yakni minyak habbatussauda (habbatussauda oil) yang dalam bentuk cair di dalam botol atau bisa juga yang berbentuk habbatussauda kapsul minyak.

Dan perlu diingat bahwa produk minyak habbatussauda yang digunakan harus yang 100% murni dan bukan varian kombinasi atau yang sudah dikombinasikan seperti misalnya dengan minyak zaitun, minyak kelapa, propolis, atau dengan jenis herbal yang lainnya.

Bahan lainnya yang dibutuhkan adalah air panas, yang bisa mengambil stok di termos atau dispenser, atau yang lebih bagus lagi adalah jika menggunakan air mendidih yang direbus secara dadakan.

Apakah Terapi Uap Habbatussauda Aman Untuk Bayi?

terapi uap untuk bayi

Menurut kami aman dan kami sudah mempraktikkanya sendiri, terlebih lagi terapi uap ini bukanlah menghirupkan uap habbatussauda ke hidung bayi dari jarak dekat melainkan dari jarak 50 cm atau hingga satu meter atau lebih, yang bahkan di hidung orang dewasa tidak begitu terasa dan tercium aroma uap habbatussauda tersebut.

Atau untuk lebih meyakinkan lagi akan keamanannya Anda bisa berkonsultasi dengan dengan dokter anak terlebih dahulu, terlebih lagi konsultasi dengan dokter saat ini bisa dilakukan secara online dengan mudah menggunakan aplikasi chat dokter online.

Takaran Minyak Habbatussauda dan Air Panas

Minyak habbatussauda yang dibutuhkan untuk terapi uap ini antara 1 sampai 2 sendok makan, atau jika menggunakan kapsul habbatussauda oil maka perhitungannya adalah 3 kapsul setara dengan 1 sendok makan.

Takaran ini untuk kebutuhan air panas antara 200 ml sampai dengan 350 ml. Jika menggunakan air panas yang lebih banyak, maka penggunaan minyak habbatussaudanya bisa dikalikan.

Cara Menggunakan Uap Habbatussauda Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

cara mengatasi hidung tersumbat bayi
gambar: Pixabay edited by Tim LuvIndomaret.

Terapi uap ini efektif mengatasi pilek dan hidung tersumbat pada bayi yang membuat bayi tidak mau menyusu menjadi mau menyusu lagi karena hidungnya sudah plong.

Berikut ini langkah-langkah cara menggunakan uap habbatussauda untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi:

  • Matikan AC atau kipas angin, tutup jendela dan tutup pintu kamar untuk memaksimalkan efektifitas uap.
  • Siapkan wadah sejenis baskon yang berbahan stainless, alumunium atau plastik yang berkualitas bagus (bukan plastik daur ulang).
  • Ambil air panas atau rebus air hingga mendidih sebanyak antara 200 ml sampai dengan 350 ml kemudian tuang di wadah yang sudah Anda siapkan.
  • Lalu masukkan 1 sampai 2 sendok makan minyak habbatussauda atau 3 sampai 6 kapsul minyak habbatussauda dengan cara menggunting bagian ujung kapsul lalu dipencet dan diteteskan ke air panas tersebut.
  • Gendong bayi dan posisikan tepat di atas baskom, jarak baskom yang mengeluarkan uap habbatussauda dengan bayi antara 50 cm sampai dengan 1 meter.

Setelah bayi menghirup uap habbatussauda ini selama beberapa detik atau hingga beberapa menit, biasanya hidung tersumbat bayi akan langsung plong dan bayi sudah mau menyusu lagi.

Beberapa tanda hidung bayi yang tersumbat sudah sembuh adalah bayi tidak lagi bernapas dengan mulut dan tidak menangis lagi ketika menyusu.

Kesimpulan

Ada cara tradisional untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang sedang pilek menggunakan terapi uap habbatussauda yang mudah dilakukan sendiri di rumah.

Penggunaan terapi uap habbatussauda pada bayi tidak boleh terlalu dekat karena bisa berbahaya sehingga harus dilakukan pada jarak antara 50 cm sampai 1 meter.

Disclaimer:

Terapi uap menggunakan minyak habbatussauda ini sifatnya hanya sebagai obat pilek alternatif untuk pertolongan pertama saja dan tidak bermaksud untuk menggantikan pengobatan pilek pada bayi secara medis konvensional sepenuhnya.

Jika ingin mempraktikkan silahkan baca dengan teliti langkah-langkahnya seperti di atas dan jika sakit pilek pada bayi Anda terus berlanjut segera hubungi dokter spesialis anak terdekat.

Referensi:

  • Cara Terapi Dengan Uap Minyak Habbatussauda Untuk Mengatasi Alergi, Asma, Sinusitis, Flek paru, Dll: Channel YouTube Ustadz Febri Sugianto.
  • Mengenal Terapi Uap Habbatussauda, Pengobatan ala Rasulullah SAW yang Ampuh Meredam Alergi: RCTVPlus.
  • Featured image: Pixabay edited by Tim LuvIndomaret.

Simak juga:

Balsem Untuk Pilek Bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *