tepung terigu di indomaret

10 Merek Tepung Terigu Terbaik di Indomaret, Alfamart dan Marketplace

Diposting pada

Meskipun bahan dasar untuk pembuatan tepung terigu tidak dihasilkan dari dalam negeri karena di Indonesia tidak ada ladang pertanian gandum, akan tetapi penggunaan tepung ini cukup besar untuk setiap harinya. Dan bahkan jauh lebih besar dari penggunaan jenis tepung-tepung asli produksi lokal yang lainnya seperti tepung beras misalnya.

Beberapa jenis makanan olahan yang berasal dari bahan utama tepung terigu diantaranya adalah roti tawar, roti manis, kue basah dan kue kering, mie, aneka gorengan, dan lain-lain.

Dan jika dilihat dari seberapa banyak konsumsi terhadap beberapa jenis makanan olahan dari tepung terigu tersebut di Indonesia, mie kering instan dan mie basah, serta gorengan merupakan yang paling populer dan paling digemari.

Sejarah Tepung Terigu

mesin pengolah tepung terigu zaman dulu
Gambar: Wikipedia.

Permulaan:

  • Penggilingan gandum untuk membuat roti telah ada sejak awal sejarah manusia. Awalnya, gandum digiling menggunakan batu, dengan metode yang berkembang dari penggunaan mortar batu hingga kincir angin dan air.
  • Lalu sekitar tahun 3000 SM, orang Mesir kuno mulai membuat tepung terigu atau tepung putih dari biji gandum yang digiling kemudian menyaringnya menggunakan saringan tangan untuk memisahkan bagian kasar dari tepung tersebut sehingga menciptakan versi awal tepung terigu atau tepung putih.
  • Di Inggris abad pertengahan, proses serupa yang dikenal sebagai “boulting” menggunakan berbagai jenis kain untuk menyaring tepung, menghasilkan tepung yang lebih putih dan juga lebih halus dan juga mahal yang hanya bisa dinikmati oleh para bangsawan.

Tepung Terigu Dulu vs Sekarang:

  • Hingga sekitar tahun 1870, tepung terigu dibuat dengan metode penyaringan ini. Namun, dengan munculnya penggilingan menggunakan rol baja antara tahun 1870 dan 1890, produksi tepung terigu menjadi lebih cepat dan memungkinkan pemisahan bagian-bagian gandum dengan lebih efisien.
  • Hal ini mengakibatkan produksi tepung terigu yang lebih putih dan juga lebih halus dan tahan lama, tetapi kehilangan nilai gizi karena bran dan germ yang kaya nutrisi dihilangkan.

Jadi, jika dibandingkan dengan tepung gandum rendah gluten, tepung terigu yang bertekstur lebih halus dan lebih berwarna putih ini jauh lebih sedikit nilai gizinya, termasuk sangat rendah serat.

Pabrik Tepung Terigu di Indonesia

Apakah di Indonesia ada perusahaan yang memproduksi tepung terigu? jawabannya adalah ada. Dan tepung terigu yang beredar di Indonesia ternyata adalah ada yang murni impor dari luar negeri yang sudah berupa tepung terigu siap pakai, dan ada juga impor biji gandum yang kemudian di olah sendiri di pabrik pengolahan di Indonesia hingga menjadi tepung terigu siap edar.

Mengutip situs resmi milik Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang beralamat di https://kemenperin.go.id, hingga saat ini sudah cukup banyak perusahaan yang mengolah gandum menjadi tepung terigu.

Dan berikut ini beberapa daftar perusahaan besar di Indonesia yang memproduksi tepung terigu:

  • BOGASARI FLOUR, PT/INDOFOOD SUKSES MAKM
  • Jl. Raya Cilincing No.1 Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI Jakarta
  • BUNGASARI FLOUR MILLS, PT
  • Jl. Raya Anyer Komplek Sinyar 1, Cilegon, Banten
  • BUNGASARI PT
  • Jl. Taman Pakubuwono No. 12, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • CROWN FLOUR MILLS, PT
  • Jl. Aria Jaya Santika Km. 2 No. 1 Kp. Seglog, Tangerang, Banten
  • EASTERN PEARL FLOUR MILLS, PT
  • Jl. Hatta No.302, Makassar, Sulawesi Selatan
  • FUGUI FLOUR & GRAIN INDONESIA, PT
  • Raya Sukomulyo Km. 24 Manyar, Gresik, Jawa Timur
  • FUGUR FLOUR, PT
  • Jl. Raya Sukomulyo Km. 24, Gresik, Jawa Timur
  • GOLDEN GREEN MILLS PT
  • Jl. Raya Anyer Kawasan Kiec Ii Blok D1-2, Cilegon, Banten
  • HORIZON INVESMENT, PT
  • Jl. Kaliabang Tengah No. 20, Bekasi, Jawa Barat
  • MANUNGGAL PERSADA, PT
  • Jl. Laut Jawa Komp Pelabuan Tanjung Intan, Cilacap, Jawa Tengah

10 Merek Tepung Terigu Terbaik di Indomaret, Alfamart dan Marketplace

Membeli tepung terigu kemasan bermerk jauh lebih baik daripada membeli yang jenis curah kemasan tanpa label, tanpa merk, tanpa label BPOM dan Halal MUI, dan juga tanpa expiry date atau tanggal kadaluwarsa.

1. Bogasari Cakra Kembar – Tepung Terigu Untuk Roti dan Mie

bogasari cakra kembar

Bogasari Cakra Kembar ini merupakan jenis tepung terigu protein tinggi yang diproduksi oleh Bogasari yang masih dalam naungan perusahaan besar PT Indofood Sukses Makmur Tbk yang sudah sangat terkenal akan mie instan produksinya.

Untuk Anda yang suka makan mie dan ingin membuat mie sendiri di rumah menggunakan mesin pembuat mie rumahan, Anda bisa menggunakan tepung merek Cakra Kembar ini.

Harga tepung terigu Cakra Kembar ini di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp11.500 untuk kemasan 1kg.

2. Bogasari Cakra Kembar Emas – Tepung Terigu Untuk Roti Premium

bogasari cakra kembar emas

Cocok untuk membuat berbagai jenis roti premium seperti roti oriental, pao dan mantao.

Untuk mendapatkan roti yang memiliki rasa yang enak serta bertekstur yang lembut, tidak hanya resep dan cara memasak yang pas saja yang dibutuhkan, akan tetapi bahan dasar pembuatannya juga akan cukup memperangaruhi hasilnya.

Oleh karena itu Cakra Kembar Emas dihadirkan oleh Bogasari, untuk Anda yang ingin mendapatkan roti yang berkualitas premium, baik untuk usaha jualan roti, ataupun untuk konsumsi keluarga tercinta di rumah.

Harga tepung terigu Cakra Kembar Emas di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp50.000 untuk kemasan ukuran 5kg.

3. Bogasari Segitiga Biru – Tepung Terigu Protein Sedang Untuk Membuat Aneka Jajanan

bogasari segitiga biru

Merek tepung Bogasari Segitiga Biru ini termasuk kedalam jenis tepung terigu protein sedang yang cocok digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan seperti kue bolu, martabak manis, bapia, dan berbagai jenis cake dan kue basah lainnya.

Tepung jenis merupakan salah satu produk Bogasari yang paling laris dipasaran dan mudah juga cara mendapatkannya karena hampir tersedia di semua gerai seperti Indomaret dan Alfamart ataupun toko sembako lainnya.

Harga tepung terigu Segitiga Biru ini di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp12.000 untuk kemasan 1kg.

4. Bogasari Kunci Biru – Tepung Terigu Protein Rendah

bogasari kunci biru

Cocok untuk membuat kue kering, cake dan biskuit.

Tepung Kunci Biru lebih cocok untuk membuat aneka jenis kue kering dan juga biskuit atau crackers dengan hasil yang lebih renyah karena karena kadar proteinnya yang rendah.

Dan di Indonesia, tepung ini banyak digunakan untuk membuat kerupuk, lapis legit, pancake, kue cubit, dan lain-lain.

Harga tepung Kunci Biru ini di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp12.500 untuk kemasan kecil ukuran 1kg.

5. Lencana Merah

bogasari lencana merah

Tepung terigu terbaik untuk membuat gorengan.

Nyari tepung yang paling bagus untuk membuat gorengan? ini dia merk tepungnya “Lencana Merah” yang masih diproduksi oleh Bogasari dan sudah secara jelas terdaftar di BPOM.

Tidak hanya untuk membuat gorengan saja, tepung ini juga cocok untuk membuat beraneka jenis jajanan pasar tradisional khas Indonesia yang hampir setiap hari di konsumsi oleh kebanyakan masyarakat.

Jadi untuk Anda yang sering membuat goreng untuk konsumsi keluarga sendiri maupun untuk dijual, sebaiknya pilih tepung ini yang lebih terjamin kualitasnya daripada tepung curah yang polos tanpa label.

Beberapa jenis gorengan yang paling digemari saat ini diantaranya adalah pisang goreng, tahu goreng isi, tempe goreng tepung (tempe mendoan) bakwan atau bala-bala, dan masih banyak yang lainnya.

Harga tepung Lencana Merah di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp10.500 per 1kg.

6. Sriboga Tali Emas New

sriboga tali emas

Tepung untuk roti yang berprotein tinggi.

Tali Emas New merupakan merk keluaran terbaru dari Sriboga yang cocok digunakan untuk membuat berbagai jenis roti yang memerlukan pengembangan yang lebih maksimal.

Cocok untuk membuat roti yang diproses secara di panggang, dan juga cocok untuk membuat mie basah yang bertekstur lembut dan lentur dengan kandungan protein yang tinggi.

Beberapa jenis roti yang paling cocok dibuat menggunakan tepung ini diantaranya adalah roti eropa, roti itali, pizza, pasta, pastry, biskuit dan kukis, kue donat, dan lain-lain.

Harga tepung Sriboga Tali Emas ini di Indomaret dan Alfamart dibanderol mulai dari Rp15.500 untuk kemasan 1kg.

7. Sriboga Double Zero – Tepung Untuk Membuat Pizza dan Aneka Roti

Sriboga Double Zero

Silahkan simak video berikut ini:

sumber video: shopee.co.id.

Sriboga Double Zero merupakan sebuah produk tepung terigu seperti merk Segitiga Biru buatan Bogasari yang tergolong serbaguna dan dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis roti.

Merk Double Zero konon terinspirasi dari salah satu produk tepung paling terkenal yang ada di negara Italia yakni Doppio Zero yang memiliki kualitas yang unik dan mampu memberikan fleksibilitas yang tinggi yang dibutuhkan untuk membuat roti.

Dari tahukah Anda bahwa PT Sriboga Raturaya sejak tahun 2004 lalu telah mengakuisisi PT Sarimelati Kencana yang merupakan master franchisee Pizza Hut di Indonesia yang hingga kini sudah semakin berkembang.

Harga tepung Sriboga Double Zero ini di Marketplace Shopee dan lazada dibanderol mulai dari Rp17.500, dan di Indomaret dan Alfamart saat ini belum tersedia.

8. Bungasari Golden Eagle

Bungasari Golden Eagle

Cocok untuk membuat mie dan roti.

Ingin roti buatan Anda memiliki kualitas yang sempurna? atau ingin membuat mie basah hasil kreasi Anda sendiri yang memiliki warna asli yang cemerlang dan juga dengan tekstur yang kenyal? menggunakan tepung terigu merk Golgen Eagle bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk Anda.

PT Bungasari Flour Mills Indonesia mengklaim memiliki pabrik pengolahan biji gandum menjadi tepung terigu yang menggunakan jenis mesin dengan teknologi tercanggih saat ini.

Dan salah satu pemegang saham terbesar dari perusahaan ini diantaranya adalah Toyota Tsusho yang merupakan salah satu bisnis inti dari Toyota Group Company yang berasal dari Jepang yang sudah menjadi perusahaan multi-nasional raksasa.

Harga tepung Bungasari Golden Eagle ini dibanderol mulai dari Rp13.500 per kemasan 1kg.

9. Bungasari Hikari Biru dan Kuning

bungasari hikari biru

Untuk membuat mie kenyal bercita rasa tinggi.

Untuk Anda pengusaha kuliner yang menjual menu masakan berbasis mie basah? Anda bisa menggunakan tepung Hikari Biru atau Kuning dari Bungasari ini.

Tepung ini memang sudah dirancang secara lebih spesial yang bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan mie, agar dapat menghasilkan mie yang kenyal tapi tetap lembut ketika digigit.

Harga tepung Bungasari Hikari Biru ini dibanderol mulai dari Rp257.000 untuk kemasan besar ukuran 25kg.

10. Bungasari Golden Eagle Donut Premix

Bungasari Golden Eagle Donut

Tepung terigu khusus untuk membuat donat.

Tepung ini diproduksi dengan formulasi khusus sesuai dengan kebutuhan untuk membuat kue donat agar menjadi lebih mudah dan juga lebih cepat prosesnya.

Selain itu, ketika Anda membuat kue donat menggunakan tepung Golden Eagle Donut Premix ini, maka hasil donat yang Anda buat tersebut akan dapat mengembang dengan lebih sempurna dan juga empuk, karena adonan yang dibuat menggunakan tepung premix ini tidak menyerap minyak terlalu banyak saat diolah.

Harga tepung Bungasari Golden Eagle Donut Premix yang bagus untuk membuat donat ini dibanderol mulai dari Rp67.500.

Referensi:

Simak juga:

Tepung Panir di Indomaret.

Harga Tepung Maizena di Indomaret.

Harga Whipped Cream Untuk Kue.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *